Selasa (04/02) Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q mewisuda 28 santri yang sebelumnya telah menyelesaikan Tugas Akhir. Acara yang bertempat di halaman musala barat ini dimulai pukul 08.00 WIB.

Penampilan Hadrah Tsamrotul Muna membuka acara wisuda sekaligus mengiringi wisudawati memasuki panggung acara. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Syarifah Qurrota A’yun serta tahlil yang dipimpin oleh K.H. Muslih Ilyas.

Usai tahlil, wisudawati menyanyikan lagu Indonesia Raya, Yalal Wathon, dan Mars Masaga. Kemudian dilanjutkan dengan pengalungan samir dan sesi foto bersama pengasuh dan asatiz.

Prosesi Pengalungan Samir
Prosesi Pengalungan Samir

Acara berikutnya adalah baiat (sumpah) yang dalam hal ini para wisudawati dituntun oleh Ustaz Thoifur. Baiat berisi sumpah tanggung jawab seorang santri yang akan diemban seumur hidup. Para wisudawati tampak khusuk dalam mengucapkan baiat.

Acara selanjutnya adalah sambutan pengasuh yang disampaikan oleh Gus Kholid Arif Rozaq. Dalam sambutannya, Gus Kholid berpesan agar para wisudawati senantiasa menjaga amaliyah ubudiyah ahlussunnah waljama’ah, tidak gegabah dan memikirkan setiap tindakan, serta menjaga ghiroh (semangat) menyebarkan ilmu yang telah didapat dari pesantren. Selain itu, Gus Kholid juga menyampaikan pesan dari Ibu Nyai Hj. Khusnul Khotimah Warson.

“Lek wis dadi alumni, ojo lali karo pondoke. Lek Dolan neng pondok gausah pesen hotel. Turu sak kabehe neng pondok”, ungkapnya.

Tak lupa Gus Kholid menyampaikan permintaan maaf, lalu secara simbolis menyerahkan santri  kepada wali santri.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ustadz Agus Najib selaku kepala Madrasah Tsalafiyah Tiga (Masaga). Kemudian disusul sambutan dari wali santri yang dalam kesempatan kali ini disampaikan oleh wali dari Naila Rizki.

“Nanti ketika anak sampai rumah tetap kita pantau. Mengingat bahwa zaman sekarang adalah zaman semua informasi bisa masuk dengan bebas.” Tukasnya.

Acara ditutup dengan sesi foto wisudawati bersama dengan wali santri dan penampilan hadrah Tsamrotul Muna. Acara berlangsung dengan lancar, wisudawati dan wali santri tampak bahagia dalam momen ini.

Oleh: Dewi Habibatul

Foto: Dokumentasi Pribadi Komplek Q

Leave a Comment