Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat mulia di mana semua amal dilipat gandakan, bukan hanya amal baik saja amal buruk pun dilipat gandakan. Bulan yang penuh berkah yang mana semua pintu surga dibukakan dan siap untuk menerima hamba Allah yang pantas untuk memasukinya. Bulan yang mana setiap doa akan diijabah oleh Allah SWT. Bahkan di bulan yang sangat istimewa ini ada satu malam lagi yang lebih istimiwa lagi daripada malam-malam lainnya yaitu malam lailatul qadr. Lalu apa saja yang telah kita lakukan saat bulan Ramadhan ini yang sebentar lagi akan berakhir.

Kini kita telah memasuki 10 malam terakhir di bulan Ramadan yang mana harus lebih ekstra meningkatkan ibadah agar mendapat malam yang lebih baik dari seribu malam yaitu malam lailatul qodr. Tidak ada yang tahu pasti kapan tibanya malam lailatul qadr tersebut.

“Dari Aisyah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Carilah lailatul qodr pada malam ganjil dalam sepuluh terakhir dibulan Ramadhan.”

“Aswad dari Aisyah ra juga berkata bahwa Nabi SAW meningkatan amal ibadah pada sepuluh terakhir bulan ramadhan melebihi di waktu yang lain,” begitu hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Rasulullah setiap malam-malam Ramadan membangunkan keluarganya yang berarti mengajak untuk beribadah lebih banyak untuk menghidupkan malam. Jika direfleksikan dengan zaman kini, maka menghidupkan malam dengan tidak tidur, menyibukkan diri dengan beribadah, bukan hanya sekedar main ponsel membuka media sosial atau bergadang melakukan hal yang tidak berfaedah.

Ibadah lain yang dilakukan Nabi SAW selama bulan Ramadan adalah memperbanyak bersedekah kepada sesama. Beliau semakin dermawan dan meningkatkan kedermawanannya. Dalam suatu hadist riwayat At-Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwa sedekah yang paling baik adalah sedekah pada bulan Ramadan.

Kita sebagai hamba Allah tentunya diperintahkan untuk lebih banyak melakukan hal-hal baik seperti memperbanyak berzikir dan berdoa, memohon pengampunan dan berbakti kepada orang tua.

Dari amalan-amalan yang dilakukan Nabi SAW tentu bisalah kita mencoba untuk mengikuti apa yang Nabi SAW kerjakan terutama dalam menghidupkan malam lailatul qadr dan dalam segi bersedekah. Semoga kita dapat mengikuti amalan-amalan Nabi SAW, serta memperoleh malam lailatul qodr.

Referensi: nu.or.id

Oleh: Taqiya P.S.

Photo by Min An from Pexels

Leave a Comment