Ahad, 03 Maret 2019 Madrasah Salafiyah III Komplek Q resmi melangsungkan Awwalussannah sebagai pembukaan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan-kegiatan lainnya. Awwalussannah dilangsungkan di mushola barat pada pukul 20.15 WIB dan dibuka oleh penampilan hadrah Tsamrotul Muna. Kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran oleh Tiara.

Acara selanjutnya adalah sambutan oleh perwakilan santri, yang dalam hal ini disampaikan oleh Reni Wahyuni. Disusul dengan sambutan pengurus pondok yang disampaikan oleh Ana Nikmatur Rohmah. Dalam sambutan, keduanya sama-sama menyampaikan permohonan maaf dan rasa terimakasih kepada para asatidz. Selain itu, Ana juga memberikan semangat kepada para santri agar kedepannya belajar lebih giat lagi.

Usai sambutan pengurus pondok, dilanjutkan sambutan pengasuh, yang dalam hal ini diwakilkan kepada kepala madrasah. Ustadz Agus Najib atau yang lebih akrab disapa Pak Mamik mengawali sambutannya dengan mengucapkan terimakasih pada pihak-pihak terkait., seperti pengurus yang menyiapkan acara dan para asatidz atas kedatangannya pada acara tersebut. Kemudian beliau menyampaikan beberapa kalimat untuk memberikan dorongan semangat pada para santri. “Di pondok ini kalian harus semangat. Sebab, apa yang kalian lakukan di pondok ini bernilai pahala”

Beliau juga menyebutkan sabda Rasulullah saw:

لَيْسَ مِنّي إلَّا عَالِمٌ اَوْمُتَعَالِمٌ

“Tidak bisa menyambung padaku, kecuali seorang ‘alim (orang yg ahli ilmu agama) atau seorang muta’alim(orang yang belajar ilmu agama)”.

“Kedudukan Anda semua menyambung pada Rasulullah,” tambah Pak Mamik. Beliau lalu membuka resmi Awwalussanah dengan mengetuk microfone sebanyak tiga kali dan mengakhiri sambutannya.

Usai sambutan pengasuh, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ustadz Maulidi. Pembacaan doa berjalan dengan hikmat. Seluruh santri beserta jajaran undangan menunduk khusyu’.

Selepas do’a, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara kelas beserta pembagian hadiah. Pengumuman juara kelas meriah oleh sambutan tepuk tangan para santri dan kemeriahan tersebut sekaligus mengakhiri acara awwalussannah.

 

Oleh: Dewi Habibah

Leave a Comment