Madrasah Salafiyah III (MASAGA) mengadakan Ujian Masuk Santri Baru (UMSB) secara online. UMSB adalah agenda tahunan yang diadakan oleh Madrasah Salafiyah III PP Almunawwir Komplek Q. Tujuannya adalah untuk menyambut santri baru mengikuti program madrasah, UMSB menjadi tolok ukur kapasitas yang dimiliki oleh masing-masing santri baru agar nantinya difasilitasi lingkungan dan materi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya.

UMSB secara garis besar terdiri dari dua tahap; ujian tulis dan ujian lisan. Ujian tulis meliputi materi keagamaan dan psikotes, materi keagaaman yang diujikan diantaranya: Tauhid, Bahasa Arab, Tajwid, Nahwu, Shorof, dan Fiqih. Sedangkan ujian lisan yaitu membaca kitab kuning/ qiroatul kutub (qirtub) menggunakan kitab Taqrib.

UMSB yang biasanya dilaksanakan secara langsung, tahun ini cukup berbeda karena masa pandemi belum usai. UMSB tahun 2020 dilaksanakan dengan ketentuan-ketentuan baru yang merupakan bentuk adaptasi dan inovasi agar tujuan dari UMSB tetap tercapai. UMSB dilaksanakan dalam beberapa tahap, UMSB tahap 1 dilaksanakan sekitar akhir bulan Juli sampai dengan awal bulan Agustus 2020. Pada  27 Juli 2020 dilaksanakan sosialisasi teknis UMSB #1 dan uji coba ujian tulis via Google Form, kemudian dilanjutkan ujian tulis via Google Form pada tanggal 28 Juli 2020. Rangkaian UMSB tahap 1 dilanjutkan dengan ujian qirtub online pada 2-4 Agustus 2020 menggunakan media Google Meet dan Video Call WhatsApp untuk santri baru yang memiliki masalah dengan jaringan internet. Pada 4 Agustus diadakan Rekapitulasi Nilai Ujian Tulis dan Ujian Qirtub, dilanjutkan 5 Agustus 2020 Rapat Yudisium Penentuan Kelas.

Hasil penentuan kelas diumumkan pada 6 Agustus 2020 dengan hasil sebagai berikut: dari 48 santri yang mengikuti UMSB tahap 1, 10 santri ditempatkan di mustawa I’dad, 13 santri ditempatkan di mustawa Awwal A, 11 santri ditempatkan di mustawa Awwal B, 6 santri ditempatkan di mustawa Tsani A, 7 santri ditempatkan di mustawa Tsani B, dan 1 santri ditempatkan di mustawa Tsalits A. Khusus mustawa I’dad diberikan pendampingan untuk membuat grup kelas dan membentuk struktur pengurus kelas untuk memudahkan koordinasi.

Setelah 48 santri baru yang mengikuti UMSB Tahap 1 sudah ditempatkan di tingkatannya masing-masing, pada 9 Agustus 2020 diadakan Sosialisasi Mekanisme Madin Online kepada santri baru sebelum memasuki Awal Madin Online bagi Santri Baru pada 10 Agustus 2020. Pengurus MASAGA menekankan bahwa UMSB ini bukanlah semata-mata seleksi, akan tetapi sebuah komitmen dan bentuk adaptasi bagi santri baru, sehingga terbiasa mengikuti rangkaian kegiatan Madin Online.

Oleh: Hanin Nur Laili

Foto by Pixabay on pexels

Leave a Comment