Dosa-dosa kecil yang dilakukan terus-menerus tanpa kita sadari dapat menjadikan kita orang yang fasik. Begitu pula hal-hal yang terkadang kita lakukan ternyata merupakan sebuah dosa besar. Syaikh Khatib dan Kyai Soleh Darat menggolongkan dosa menjadi dosa besar dan dosa kecil.

Penulis kitab Al-Iqna yaitu As-Syaikh Syamsuddin Muhammad bin Muhammad al-Khatib As-Syarbiniy (997 H) atau biasa dikenal dengan Syaikh Khatib. Beliau menulis Al-Iqna sebagai kitab syarah (penjelasan) dari sebuah matan fiqh yang masyhur at-Taqrib atau dikenal juga dengan Matan Abi’ Syuja’ karena pengarang matan tersebut adalah al-Qadhi Abu Syuja’.

Kyai dari nusantara yakni Kyai Soleh Darat dalam kitabnya Tukhfatal-Murid mengutip dari kitab Al-Iqna tentang hal-hal yang termasuk dosa besar dan dosa kecil. Yang termasuk dosa besar adalah syirik, membunuh orang lain, zina, liwath (berhubungan tubuh melalui dubur), durhaka kepada kedua orang tua, berbeda pendapat dengan kedua orang tua, sihir, qadhaf (menuduh zina perempuan yang terhormat), memakan harta anak yatim, mengurangi timbangan, lari dari perang fi sabilillah, menggunjing orang ‘alim, menggunjing orang yang hafal Qur’an, dan sombong.

Sedangkan yang termasuk dosa kecil adalah : Melihat orang yang bukan muhrim, laki-laki melihat perempuan atau sebaliknya yang menimbulkan syahwat, mendiamkan/bermusuhan dengan sesama muslim melebihi tiga hari, menangis histeris karena meninggalnya keluarga/tertimpanya musibah, berjalan tegak dengan tujuan menyombongkan diri, memasukan anak kecil/orang gila/najis kedalam masjid (karena anak kecil dikhawatirkan akan berteriak-teriak di masjid, namun jika tujuannya mendidik anak supaya cinta masjid maka diperbolehkan), tukang gambar manusia dan hewan, tukang ukir, melihat tarian yang menimbulkan syahwat, berbohong, jual beli di hari Jumat, dan lotre.

Dosa besar yang jarang kita sadari adalah sombong, padahal sombong termasuk dosa besar menurut Syaikh Khotib dan Kyai Soleh Darat. Terkadang kita tidak sadar bahwa kita merasa lebih baik dari orang lain, merasa lebih hebat dari orang lain. Sedangkan dosa kecil yang sering tidak kita sadari terutama di kalangan remaja adalah laki-laki melihat perempuan atau sebaliknya yang menimbulkan syahwat, bukan hanya di dunia nyata saja, hal ini juga dapat diqiyaskan ke dunia maya. Melihat lawan jenis yang bukan mahram dan menimbulkan syahwat termasuk dosa kecil. Namun bukan berarti kita bisa menggampangkan dosa yang kecil. Karena dosa kecil yang dilakukan terus-menerus dapat menjadikan kita orang yang fasik. Semoga Allah jauhkan kita semua dari sifat fasik.

Oleh: Hanin Nur Laili

Photo by Arun Anoop on Unsplash

Leave a Comment