Hari sejuta pohon diperingati setiap tanggal 10 Januari. Gerakan sejuta pohon ini merupakan salah satu bentuk dari kepedulian terhadap lingkungan dan pastinya sangat penting bagi pelestarian lingkungan.

Pemerintah Indonesia mulai menerapkan kebijakan kelestarian pohon melalui gerakan Satu Miliar Pohon. Gerakan tersebut  dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap  pentingnya penananam dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi pemanasan global dan untuk mencapai  pembangunan Indonesia yang bersih. 

Pohon diketahui dapat menyerap kadar CO2 yang ada di udara, serta pohon bisa menghasilkan O2. Tidak  heran jika di sepanjang pinggir jalan sering kita temui banyak pohon, karena berkat pohon yang bisa menyerap gas karbon akibat asap kendaraan dan menggantinya dengan O2, sehingga udara terasa sedikit lebih segar. 

Bukan hanya menjadikan udara bersih dari gas karbon, gerakan menanam pohon juga menjadi solusi dalam mengatasi pemanasan global, kekeringan, tanah longsor, dan lainnya.  Pohon juga bisa mencegah banjir, karena pohon bisa menahan laju air sehingga akan lebih banyak terserap ke dalam tanah. 

Baca juga

Menurut penelitian National Geographic bahwa tegakan hutan yang berdaun jarum mampu membuat 60 persen air hujan terserap tanah.Tegakan hutan yang berdaun lebar mampu membuat 80 persen air hujan terserap tanah. Dengan kemampuan ini akan meningkatkan cadangan air tanah yang berujung pada kesejahteraan manusia.

Merayakan hari sejuta pohon tidak harus dengan melakukan kegiatan besar-besaran. Kita dapat ikut berpartisipasi dengan melakukan penanaman pohon di halaman rumah yang bukan hanya sekadar menanam, tetapi kita memastikan bahwa pohon yang kita tanam terawat dan tumbuh dengan baik. Selain halaman rumah kita yang indah, hal tersebut bisa menjadikan kenyamanan hidup di rumah dan menjadikan kesehatan mental semakin meningkat. Karena dengan melihat pepohonan menjadikan hati dan fikiran menjadi lebih segar. 

Oleh : Nada F

Photo by Matthew Smith on Unsplash

Sumber:

https://laman.temanggungkab.go.id/berita/detail/201011/589/sosialisasi-gerakan-penanaman-satu-miliar-pohon.html

https://tirto.id/10-januari-hari-gerakan-sejuta-pohon-sedunia-program-cegah-banjir-erLU

http://www.phiradio.net/hari-gerakan-sejuta-pohon-10-januari-2021/

Leave a Comment