Grup Hadroh Tsamrotul Muna PP Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta berhasil meraih Juara 2 dalam ajang bergengsi Festival Sholawat dan Ngaji Syiir yang diadakan oleh yayasan Al Azhar Yogyakarta dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (2/11) kemarin.

Suatu kebanggaan bagi grup hadroh Tsamrotul Muna yang beranggotakan 11 orang ini menjadi tamu undangan sekaligus peserta dari 10 Top Grup hadroh se-DIY diantaranya adalah Yadal Fataa, Tsamrotul Muna, El Maqaasid KMNU UNY, Nurul Mahabbah, Tibbil Qulub, Sunan Pandanaran, Syifaul Qulub, Al-Luqmaniyah, Nurul Haromain, dan Al Barokah.

“Ini merupakan ajang yang berbeda dari perlombaan hadroh lainnya, mulai dari sistem lomba dan nilai”, ujar Nova Faricha salah satu peserta dari grup hadroh Tsamrotul Muna. Memang, teknis yang berbeda dari perlombaan ini menjadi salah satu ghiroh atau semangat dari para peserta lomba. Teknis pengambilan 2 lagu yang di undi dari 25 lagu dalam waktu 30 menit sebelum tampil dan penilaian dengan penjelasan makna dari sholawat yang dibawakan. Grup hadroh Tsamrotul Muna mendapat undian sholawat Assubhu bada dan Ya Imamarrusli dengan menempati urutan tampil yang ke-5.

Acara ini merupakan salah satu bentuk keteladanan dalam mengagungkan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, sehingga acara yang digelar pertama kali mendapat antusias dari peserta dengan penuh semangat dalam menyukseskan acara. Tidak hanya perlombaan, namun berbagai doorprize juga turut memeriahkan acara Festival Shalawat dan Ngaji Syiir.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang dan pembagian doorprize utama. Untuk pemenang dalam festival ini adalah grup hadroh Shohibul Qolbi Pandanaran sebagai juara 1, Tsamrotul Muna Komplek Q sebagai juara 2, dan Ababil dari Luqmaniyah sebagai juara 3. Masing-masing pemenang mendapatkan tropi, sertifikat dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh KH. Zulfi Fuad Tamyiz, S. E.

Selain pencapaian sebagai juara 2 dalam acara festival tersebut, beberapa minggu lalu grup hadroh Tsamrotul muna juga menjuarai lomba Festival Hadroh Hari Santri Nasional 2019 Kabupaten Bantul di IIQ An-Nur Ngrukem.

Oleh: Erfika Qotrunada

Leave a Comment