Hari ini, Senin, 22 Maret 2021 diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Peringatan ini dirayakan setiap tahunnya sebagai bentuk kesadaran dan upaya pencegahan krisis air global di masa mendatang .

Peringatan hari air sendiri dimulai pada tahun 1992, ketika berlangsungnya konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janiero, Brazil. 

Tema dari peringatan Hari Air Sedunia atau World Water Day 2021 adalah “Valuing Water” atau “Menghargai Air”. Tema ini diangkat sebagai upaya untuk membangunkan kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai-nilai air dalam kehidupan kita. 

Di dalam Alquran sendiri, ada lebih dari 200 ayat yang mengandung kata air dan segala yang berkaitan dengannya. Hal ini secara tidak langsung mengisyaratkan bahwa air merupakan sumber kekayaan alam yang sangat penting, berharga, dan memiliki nilai dan fungsi yang sangat besar bagi kehidupan manusia dan makhluk lain di bumi.

Air adalah sumber kehidupan manusia. Seluruh kehidupan di bumi ini bergantung kepada air. Tubuh kita sebagai manusia 75% terdiri atas air, otak yang kita gunakan untuk berfikir dan menjadi pusat kendali tubuh terdiri dari 74,5% air, darah yang mengalir di tubuh kita terdiri dari 82% air, bahkan tulang yang keras pun terdiri dari 22% air.

Salah satu ayat yang membahas tentang air adalah QS. Al-Anbiya’ ayat 30, yang artinya:

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

Ayat ini dianggap sebagai salah satu mukjizat ilmiah terbesar dalam Alquran, karena ayat ini menjelaskan bahwa segala sesuatu yang hidup berasal dari air.

Baca juga:

Dewasa ini, air berada di bawah kondisi ancaman ekstrem akibat bertumbuhnya populasi, meningkatnya permintaan minyak dan industri, serta dampak dari buruknya perubahan iklim.

Air dengan jumlah volume dan kualitas tertentu serta dalam lokasi yang tertentu sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup dan menjadi sumber kehidupan. Namun sebaliknya, dengan jumlah dan kualitas tertentu air juga bisa menjadi momok yang berbahaya nan menyeramkan bagi kehidupan. Air bahkan bisa menjadi sesuatu yang paling kuat dan ganas dari segala sesuatu yang ada, sehingga air menjadi sumber ketakutan, kengerian, dan bahaya yang dapat mengancam keberlangsungan kehidupan di bumi.

Dengan demikian, diperlukan kesungguhan dalam memahami makna pentingnya nilai air dan pengelolaannya agar tetap terjaga ketersediaan, kebersihan, dan kebermanfaatannya bagi kehidupan di alam semesta.

“Jadilah seperti air, sederhana namun dibutuhkan oleh semua orang.”

Selamat Hari Air Sedunia 2021!!!

Oleh: Nur Kholifah

Sumber:

kumparan.com

-Hasyim Haddade, “Air Perspektif Al-Qur’an dan Sains”, Jurnal Tafsere, Volume 4, No. 2, Tahun 2016

Photo by mrjn Photography on Unsplash

Leave a Comment