Hari Bumi dirayakan setiap tahun pada tanggal 22 April. Hari Bumi pertama kali digagas oleh pengajar lingkungan Amerika Serikat bernama Gaylord Nelson pada tahun 1970. Adanya Hari Bumi juga sebagai tanda telah lahirnya gerakan lingkungan modern. Sejarah Hari Bumi dimulai tahun 1960 sampai dengan 1970 di mana pada waktu itu Amerika tengah mengalami gejolak ekonomi dan politik.

Saat itu terjadi isu pencemaran lingkungan yang kemudian diangkat dalam buku karya Rachel Carson dengan judul “Silent Spring” terbit tahun 1962 yang menceritakan bahaya pestisida bagi masyarakan pedesaan di Amerika. Selain itu pada awal 1960-an masyarakat mulai sadar terhadap bahaya pencemaran lingkungan. 

Tidak lama setelah itu terjadi terjadi kebakaran besar di Sungai Cuyahoya, Cleveland yang disebabkan oleh pembuangan limbah kimia ke sungai. Hal inilah yang kemudian mendorong orang untuk melindungi sumber daya alam yang ada. Tahun 1969 mulai muncul aktivis peduli lingkungan.

Tema Hari Bumi Sedunia 2021 adalah Restore Our Earth atau Pulihkan Bumi Kita, yang berfokus pada proses alami, teknologi hijau yang muncul, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia. Kita semua membutuhkan Bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan & kelangsungan hidup, dan kebahagiaan kita. Lebih dari 1 miliar orang di 192 negara sekarang berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi setiap tahun. Hari Bumi dijadikan peringatan sipil terbesar di dunia.

Makna dari Hari Bumi sendiri adalah pentingnya melestarikan sumber daya alam yang ada. Karena ketika manusia tidak mau menjaganya, maka akan menjadi bencana bagi seluruh makhluk hidup yang ada. Segala yang manusia manfaatkan berasal dari alam, maka menjaga dan melestarikan adalah salah satu bentuk upaya menyelamatkan Bumi.

Cara memperingati Hari Bumi adalah dengan cara turut menjaga kelestarian lingkungan melalui hal-hal sederhana yang bisa dilakukan di lingkungan sekitar rumah, misalnya dengan melakukan kerja bakti membersihkan saluran air, dan sebagainya. 

Oleh : Silfi Ainunnisa

Photo by Noah Buscher on Unsplash

Sumber:

tirto.id

phiradio.net

Leave a Comment