Tepat pada tanggal ini, 14 November 2020, diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia. Penyebab penyakit diabetes selain karena faktor genetik atau keturunan, sering dikaitkan dengan gaya hidup dan pola makan seseorang yang tak sehat dan kurangnya aktifitas fisik hingga menyebabkan peningkatan gula darah.

Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit dengan pengidap terbanyak di dunia. Hingga Mei 2020, berdasarkan laporan International Diabetes Federation (IDF), sebanyak 463 juta orang dewasa di dunia mengidap diabetes. Yang tak kalah mengerikan, sebanyak 50,1 persen dari penderita diabetes atau yang biasa disebut diabetesi tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit ini, sehingga menjadikan diabetes sebagai silent killer di dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri, per tahun 2020 penyandang penyakit ini menyentuh angka 10,8 juta orang sehingga Indonesia memasuki peringkat ke-7 dari 10 negara dengan penderita diabetes tertinggi dan menyebabkan Indonesia berstatus waspada diabetes. Dengan data tahun ini, itu berarti 1 dari 25 orang di Indonesia mengidap penyakit diabetes. Terlebih pada kondisi pandemi ini, banyak ditemukan pada pasien terinfeksi virus Covid-19 di Indonesia 34,4 persennya disertai penyakit diabetes.

Sejarah World Diabetes Day

Berdasarkan data di atas, tak ayal International Diabetes Federation (IDF) bersama World Health Organization (WHO) sejak 1991 mengadakan kampanye World Diabetes Day (WDD) yang dirayakan setiap tanggal 14 November dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Kampanye ini sebagai respon dan kepedulian terhadap meningkatnya ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabetes.

World Diabetes Day (WDD) ini secara resmi menjadi salah satu hari penting di dunia pada 2006 dengan disahkannya Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa 61/225. Dilansir dari laman worlddiabetesday.org, kampanye ini bertujuan sebagai platform untuk mempromosikan upaya advokasi IDF sepanjang tahun serta sebagai penggerak global untuk mempromosikan pentingnya mengambil tindakan terkoordinasi dan terpadu untuk menghadapi diabetes sebagai masalah kesehatan global yang kritis.

Tanggal 14 November sendiri dipilih karena bertepatan dengan kelahiran Sir Frederick Banting. Ia merupakan salah seorang yang berjasa menemukan insulin, salah satu penawar dari diabetes, bersama Charles Best dan John James Rickard Macleod pada 1992.

Pada tahun 2020 ini, tema yang diangkat oleh WDD ialah The Nurse and Diabetes dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran seputar peran penting perawat dalam mendukung orang yang hidup dengan diabetes. Perawat melakukan pekerjaan luar biasa untuk mendukung orang yang hidup dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk orang yang hidup dengan diabetes atau penyakit berisiko lainnya. Sehingga sangat penting sekali untuk membekali perawat dengan pendidikan dan keterampilan yang mampu mendukung pekerjaan mereka. Karena jumlah penderita diabetes terus meningkat di seluruh dunia, peran perawat dan staf pendukung profesional kesehatan lainnya menjadi semakin penting dalam mengelola dampak dari kondisi tersebut.

Sumber:

Oleh: Nur Kholifah

Foto: Diabetesmagazijn.nl on Unsplash

Leave a Comment