Hari Guru Sedunia 2021 : Teachers at The Heart of Education Recovery

Posted on 11 views

 

Setiap tanggal 05 Oktober diperingati sebagai “Hari Guru Sedunia”. Peringatan ini dibuat untuk merayakan keberadaan semua guru di seluruh dunia. Hari Guru Sedunia diselenggarakan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNESCO, bekerja sama dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), UNICEF, dan Education International (EI).

Dilansir dari situs resmi UNESCO, Hari Guru Sedunia ini bertujuan memperingati ulang tahun penandatanganan rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang status guru yang menetapkan tolak ukur hak dan tanggung jawab guru, standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, serta kondisi belajar-mengajar.

Hari Guru Sedunia sudah dirayakan sejak tahun 1994. Tema Hari Guru Sedunia tahun 2021 ini berdasarkan situs resmi UNESCO adalah ‘Teachers at the heart of education recovery’. Tahun ini, Hari Guru Sedunia akan berfokus pada dukungan yang dibutuhkan para guru untuk berkontribusi penuh dalam proses pemulihan pandemi.

Seiring dengan perbaikan situasi pandemi Covid-19, para guru di seluruh dunia akan menghadapi tantangan untuk melakukan pemulihan sistem pendidikan pasca-pandemi. Sesuai dengan tema yang telah ditetapkan pada tahun ini, diharapkan akan ada dukungan bagi para guru untuk berkontribusi penuh pada proses pemulihan pendidikan.

Sudah sepatutnya kita turut serta dalam memperingati hari guru ini. Banyak jasa yang telah diberikan oleh guru kita. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Kita mempelajari dan mengetahui banyak ilmu melalui guru. Semoga kita senantiasa dapat menghormati dan mengenang jasa para guru.

Selamat Hari Guru Sedunia!

 

Oleh : Nala Ikfina Utami

Foto : Dokumentasi Pribadi

Sumber :

https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/05/110500665/hari-guru-sedunia-5-oktober-2021–sejarah-dan-tema-peringatannya?page=all

https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5753260/hari-guru-sedunia-5-oktober-2021-sejarah-dan-link-twibbon-lengkapnya