“Manusia tak akan pernah berhenti bereksplorasi. Kita perlu melihat jauh ke depan dan beralih dari ‘giat berinovasi’ menjadi ‘gigih mencipta’. Perubahan cepat akan terjadi dalam kehidupan manusia, budaya kerja, dan dalam kehidupan bermasyarakat, seiring makin tingginya pengadopsian teknologi AI, 5G, komputasi awan, serta sejumlah teknologi berkembang lainnya.”. Kalimat yang di lontarkan oleh Kevin Zhang seorang ahli teknologi dari salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan makhluk hidup akan terus berubah dan bertambah, sehingga membuat manusia tidak puas dengan apa yang ada. Ditambah lagi kemajuan informasi dan keilmuan akan terus mendorong kita untuk berkembang ke arah yang semakin baik, begitupun dengan teknologi.

Teknologi memberi pengaruh besar pada kehidupan kita. Kehidupan kita menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi terbaru. Contohnya, teknologi komunikasi yang hampir setiap saat kita gunakan. Pada zaman dulu, saat kakek dan nenek kita masih muda, komunikasi dengan teman di kota lain hanya dapat dilakukan dengan surat yang dikirim melalui pos itupun dengan jarak waktu yang sangat lama, namun saat ini, kitadengan sangat mudah dapat berkomunikasi dengan teman dari kota lain dengan menggunakan handphone. Kita tidak hanya dapat mengirim tulisan saja, gambar dan video pun dapat dikirimkan dengan waktu hanya beberapa detik.

Pada dasarnya, perubahan dan kemajuan teknologi bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. pada awalnya mungkin memang akan menyulitkan, karena harus memerlukan adaptasi namun seiring dengan waktu hal itu akan menjadi lumrah. karena dengan adanya kemajuan teknologi akan membuat makhluk hidup atau manusia lebih mudah dan lebih nyaman dalam melakukan sesuatu.

Begitu pentingnya kemajuan teknologi dalam kehidupan kita, oleh karena itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1955 ditetapkan lah 10 Agustus menjadi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau yang disingkat Hakteknas. Tujuan diperingatinya Hakteknas ini ialah untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta memberi dorongan untuk terus membangkitkan budaya inovasi anak bangsa.

Peringatan Hakteknas juga merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi indonesia, berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 hasil produksi PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN, sekarang PT. Dirgantara Indonesia) lalu di Bandung yang menjadi bukti bahwa Indonesia mampu bangkit menuju budaya teknologi dan juga sebagai upaya mengembangkan, menerapkan serta menguasai iptek khususnya dibidang kedirgantaraan

Pada tahun 2019 lalu, perayaan Harteknas diadakan di Denpasar Bali, hal ini menjadi momentum yang tepat untuk menggaungkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang Ilmu Pengetahuan dan teknologi karena tak bisa dipungkuri bahwa kemajuan suatu negara ke depan dipastikan sangat bergantung atas penguasaan dan pemanfaatan nya terhadap Ilmu pengetahuan dan teknologi . Hanya dengan iptek manusia dapat melakukan segala sesuatu yang sebelumnya hanya sebatas angan-angan dan lamunan menjadi mudah dan kenyataan.

Oleh : Mawar Lanna Oktavia

Foto: by Marvin Meyer on Unsplash

Leave a Comment