Sejarah perkeretaapian di Indonesia dimulai ketika pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yoyakarta) di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele tanggal 17 Juni 1864. Selain di Jawa, pembangunan jalur kereta api juga dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia baik yang ada di bagian Barat atau bagian Timur Indonesia.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian dilakukan pengambilan stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang. Puncaknya adalah pengambil alihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung tanggal 28 September 1945, yang kini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia.

Hari ini tepatnya tanggal 28 September 2020, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan merayakan hari jadi yang ke-75. Dalam rangka menyambut hari spesial tersebut, pengguna setia kereta api akan mendapatkan diskon tiket kereta. Sehingga tiket bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau.

Direktur Niaga Aqin U Norhadi mengatakan bahwa, PT KAI akan memberikan diskon tiket sebesar 25 persen, sehingga pelanggan hanya perlu membayar tiket 75 persen dari harga normal. “Promo ini berlaku untuk 20 perjalanan kereta api keberangkatan 28 September 2020. Tiket jumlahnya terbatas, segera pesan melalui aplikasi KAI Access, Web kai.id dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya,” tambahnya..

Tidak hanya itu, KAI juga menyediakan promo menarik lainnya bagi pelanggan yang berangkat menggunakan KA Promo HUT ke-75 KAI, diantaranya yaitu undian berhadiah bagi pelanggan yang beruntung. Promo ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan kado kepada masyarakat dalam hal peningkatan pelayanan pada momen 75 tahun KAI. Dengan diadakannya beberapa promo ini diharapkan kepada masyarakan akan meningkatkan minat layanan kereta api dengan tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Oleh: Eka Novitha

Foto: liputan6.com

Sumber : https://kai.id dan https://www.kompas.com

Leave a Comment