Hari kesehatan nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Sesuai namanya, hari kesehatan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Bagaimana sih sejarah peringatan hari kesehatan nasional?

Sejarah Peringatan Hari kesehatan Nasional (HKN)

Setiap tanggal 12 November diperingati sebagai hari kesehatan Nasional. Sejarah lahirnya hari kesehatan nasional berawal dari mewabahnya penyakit Malaria di Indonesia. Pada saat itu terjadi sekitar era 50-an. Penyakit malaria ini mewabah hampir di seluruh negeri. Akibatnya, ribuan orang banyak yang tewas. Melihat hal ini, pemerintah yang saat itu presiden Soekarno menjabat sebagai presiden RI melakukan upaya pemberantasan penyakit malaria tersebut dengan dibentuknya Dinas Pembasmian Malaria tepatnya pada tahun 1959. Empat tahun berlalu berganti nama menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria atau disingkat menjadi KOPEM. Dalam hal ini, pemerintah Indonesia berupaya memberantas penyakit malaria dengan menyemprotkan obat jenis DDT di setiap rumah secara massal.

Apa itu obat DDT?  DDT atau Dichloro Diphenyl Trichlorethane adalah semacam jenis obat insektisida yang dipercaya ampuh untuk membunuh nyamuk penyebab malaria. Presiden Soekarno yang pada saat itu menjabat sebagai presiden republic Indonesia melakukan penyemprotan secara simbolis pada tanggal 12 November 1959 di desa Kalasan, Yogyakarta. Kemudian tanggal ini ditetapkan sebagai hari kesehatan nasional untuk diperingati setiap tahunnya.

Kesehatan merupakan Investasi untuk pembangunan ekonomi serta berperan penting untuk mendukung sumber daya manusia berkualitas, Dalam pengukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan Dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan ditetapkan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Pemerintah mengajak seluruh komponen bangsa berperan serta dalam upaya meningkatkan kesehatan dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Lalu, apa saja sih upaya kita untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya pada zaman pandemi ini?

Upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan, mengingat penyebaran penyakit yang sudah begitu luas, mari jaga kesehatan tubuh saat virus Covid-19 merebak agar tidak tertular. Di antaranya dimulai dari diri sendiri, yaitu rajin mencuci tangan, siap sedia hand sanitizer, olahraga yang teratur, mengonsumsi makanan yang bergizi, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tidak bepergian keluar rumah kecuali ada hal yang mendesak, jaga jarak dan hindari keramaian.

Sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan khususnya pada diri sendiri dan lingkungan sekitar merupakan upaya penting yang harus dilakukan, upaya untuk menjaga jiwa diri sendiri maupun orang lain. Bukan hanya untuk kita, tetapi untuk kita semua, jutaan umat manusia yang ada dibumi.

Sumber :

https://www.lifebuoy.co.id/misi/mengenal-lebih-jauh-peringatan-tahunan-hari-kesehatan-nasional.html

https://www.kba.one/news/mengangkat-derajat-kesehatan-lewat-hidup-sehat/index.html

https://terkininews.com/2016/03/27/Upaya-Peningkatan-Kesehatan-Masyarakat.html

Oleh: Nada F

Foto: Volodymyr Hryshchenko on Unsplash

Leave a Comment