Hari Relawan Internasional

Posted on 2 views

Relawan, sering kali menjadi pihak pertama dalam hal membantu sesama dengan segala risiko yang akan diterimanya. Sejatinya, relawan tidak hanya terbatas bagi mereka yang menolong di daerah bencana, konflik, ataupun krisis. Relawan adalah orang yang melakukan kegiatan kemanusiaan baik dalam bentuk tenaga, pikiran, waktu, uang, dan sebagainya dengan kehendak diri sendiri tanpa adanya paksaan. Ini menunjukan bahwa siapapun yang terlibat dalam kegiatan menolong atau membantu orang lain dengan menyumbangkan pikiran, waktu, uang, dan tenaga untuk membuat lingkungan yang lebih positif.

Setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Relawan Internasional atau International Volunteer Day. Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menetapkan Hari Relawan Internasional tersebut dalam rangka menghormati dan menunjukan rasa terima kasih untuk para relawan kegiatan kemanusiaan di seluruh dunia. Adanya peringatan terhadap hari relawan akan memberikan kesempatan bagi organisasi kerelawanan ataupun relawan individu untuk menunjukkan kontribusi mereka pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional, dalam upaya mencapai tujuan pembangunan milenium.

Menjadi relawan tentunya memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  1. Bertemu dengan banyak orang baru

Menjadi relawan mengharuskan kita untuk bertemu dengan banyak orang. Dengan begitu, kita  bisa memperluas koneksi pertemanan kita.

  1. Lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Relawan dituntut untuk lebih peka terhadap isu ataupun permasalahan yang terjadi di sekitar kita dengan selalu mengedepankan visi dan misi kemajuan bangsa.

  1. Meningkatkan rasa kemanusiaan dengan sesama

Menjadi relawan sangat mudah dalam menumbuhkan rasa empati karena menjadi seorang relawan tidak hanya fokus pada membantu sesama yang terkena musibah berupa bencana saja, tetapi juga dalam bentuk pendidikan, dan sebagainya.

  1. Mendapat pengalaman dan skill di bidang sosial

Dengan menjadi relawan akan melatih kemampuan kita mengetahui bagaimana cara memperlakukan orang yang sedang membutuhkan bantuan, kemudian bagaimana cara kita menyikapi isu-isu sosial dan berusaha untuk mengatasinya.

  1. Bersyukur dan ikhlas dalam melakukan kebaikan

Kita akan lebih mudah untuk mensyukuri nikmat yang diberi dan tanpa pamrih dalam melakukan segala kebaikan kepada sesama .

Setiap tahun jutaan orang di dunia menyumbangkan waktu dan keterampilan mereka untuk membantu menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik. Ketika mereka menjadi sukarelawan, mereka membantu meningkatkan kehidupan orang lain.

Sumber: IDN Times

Oleh: Fitria NFO

Foto oleh Pixabay dari Pexels