Asosiation of Southeast Asian Nation (ASEAN) merupakan organisasi yang menaungi negara-negara wilayah Asia Tenggara. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 8 Agutus 1967 di Bangkok, Thailand. Sehingga pada tanggal 8 Agustus 2020 ini ASEAN telah berusia 53 tahun. Organisasi ini terdiri dari 10 negara yang termasuk Indonesia. Dalam Hari Ulang Tahunnya yang ke-53 alangkah baiknya kita mengulang kisah sejarah terbentuknya organisasi yang menaungi negara kawasan Asia Tenggara ini.

Pada 5 Agustus 1967 terdapat lima negara Asia Tenggara yang mengadakan konferensi yang bertempat di Bangkok, Thailand. Negara tersebut di antaranya adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Filiphina, dan Thailand. Dalam konferensi tersebut akhirnya menghasilkan suatu persetujuan yang disebut persetujuan Bangkok dan terbentuklah ASEAN pada 8 Agustus 2020.

Kemudian pada Januari 1984 anggota ASEAN bertambah seiring dengan masuknya Brunei, tak lama setelah Brunei berhasil membebaskan diri dari penjajahan Inggris. Kemudian pada tahun 1995 Vietnam menyatakan diri untuk bergabung menjadi anggota ke-7. Pada tahun 1997 Laos dan Myanmar bergabung dengan ASEAN secara bersamaan dan Kamboja menjadi anggota ke-10 yang bergabung dengan organisasi ini pada tahun 1999.

Terbentuknya ASEAN sebenarnya terjadi karena dipicu oleh pertentangan dua negara adikuasa di dunia setelah perang dunia kedua yaitu Amerika Serikat dan negara Uni Soviet. Kawasan Asia Tenggara menjadi area sasaran untuk persaingan ideologi antar dua negara adikuasa dalam asa perang dingin. Perang saudara di Vietnam sebagai contoh korban secara tidak langsung dari perang dingin antar dua negara tersebut. Situasi tersebut tentunya dapat mengganggu stabilitas dan keamanan negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Oleh karenanya, ASEAN hadir untuk harapan data mengayomi dan melindungi sekaligus mempersatukan negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini.

Bukan hanya kerjasama dalam hal perdamaian dan stabilitas antar negara kawasan Asia Tenggara. Harapan besar untuk ASEAN terdekat ini adalah solidnya kerjasama dalam hal penanggulangan virus Covid-19 yang masih menjadi PR besar bagi negara di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia yang semakin hari semakin meningkatnya pasien positif. Semoga ASEAN terus berbenah untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang apapun. Selamat berusia 53 tahun untuk persatuan Asia Tenggara.

Sumber :

https://tirto.id/sejarah-berdirinya-asean-alasan-diperingati-setiap-8-agustus-efSo

Oleh: Avita Rahma

Foto: https://www.freepik.com/premium-photo/flag-asean-countries-3d-rendering_6911022.htm

Leave a Comment