Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-108 Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak resmi dibuka pada Sabtu (16/11). Acara yang akan berlangsung selama dua hari ini—16 & 17 November 2019—bertempat di Lapangan Ali Maksum Krapyak. Pasar murah, bazar & stand, pentas seni & hiburan turut memeriahkan acara Harlah di hari pertama. Sedangkan di hari kedua akan diadakan pembacaan simtudduror dan sholawatan.

 

Penampilan seni angklung oleh siswi MI Tahfidz El Muna Q

Pembukaan diawali dengan penampilan seni angklung dari MI Tahfidz El Muna Q. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Alfin Fauzi. Selanjutnya, Gus Munadi selaku perwakilan panitia memberikan sambutan. Dalam sambutannya, ia mengucapkan terimakasih atas sumbangsih, dukungan, sarana dan prasarana sehingga acara ini dapat berlangsung. Ia berharap acara ini dapat berjalan hingga paripurna.

Gus Fairuzi Afiq Dalhar dipilih untuk memotong tumpeng sebagai simbolis pembukaan acara secara resmi. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi adanya peringatan Harlah ini karena sekaligus mengenang jasa KH. Munawwir yangmana menurutnya memiliki peran dalam kancah Indonesia, khususnya di bidang Alquran. Menurut Gus Fairuzi, generasi Krapyak sekarang berbentuk pondok komplek yangmana setiap komplek memiliki peraturan dan kegiatan yang berbeda-beda. Meski demikian, semuanya bersumber dari KH. Munawwir.

Pembukaan diakhiri dengan doa oleh KH. Muhtarom Busyro dan penampilan kembali angklung oleh MI Tahfidz El Muna Q.

Oleh: Anu’ma Syifaus S.

Leave a Comment