Hikmah Ketabahan

Posted on 1 views

Sasmita adalah seorang anak perempuan yang cantik. Rambutnya bergelombang dan hitam sepinggang. Kulitnya berwarna kuning langsat. Wah, cantik sekali ya!.

Namun masalahnya, ia selalu direndahkan dan diejek oleh teman-temannya, karena Sasmita lahir dari keluarga yang sangat-sangat tidak mampu. Teman-temannya juga selalu mengejek mimpi besar, impian, dan cita-cita Sasmita. Hampir setiap hari, Sasmita mendapat masalah dan cobaan.

Akan tetapi, Sasmita selalu berpegang erat pada pedoman hidup yang diberikan almarhumah ibunya. “Hadapi semua cobaan dengan tenang. Karena cobaan akan selalu Allah SWT. berikan kepadamu. Kau perlu berpegang teguh pada kata tabah. Bukan meminta kepada Allah supaya kita tak diberi cobaan. Ingat! Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya!” itulah salah satu nasehat ibunya Sasmita yang dijadikan pedoman hidup.

Baca juga

Oh iya, sehari-hari Sasmita berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menjual Telur Goreng Rempah-rempah. Sebenarnya, Sasmita bercita-cita untuk menjadi seorang koki yang handal dan terkenal. Oleh sebab itu, Sasmita selalu berlatih memasak dengan penuh semangat, agar impiannya tercapai. Ia tak mempedulikan cemooh yang dilontarkan dari mulut teman-temannya.

Beberapa tahun kemudian, cita-cita Sasmita akhirnya terwujud. Banyak sekali perubahan dalam hidupnya. Dulu ia sendiri, kini ia ditemani sahabat-sahabatnya sesama koki. Intinya, kehidupannya berubah 180 derajat. Ia juga menjadi koki handal yang mendunia. Itulah hikmah dari ketabahan yang Sasmita rasa dan sangat berpengaruh pada kehidupannya di masa datang.

Karya: Mamluatul Hikmah

Image by Samer Chidiac from Pixabay