Keutamaan Bulan Sya’ban

Diposting pada 16 views

Ahlan wa sahlan yaa Sya’ban.

Telah sampailah kita kepada bulan Sya’ban, yang menandakan bahwa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Lantas, bagaimana persiapan kita untuk menyambut bulan suci Ramadhan? Jangan sampai karena terlalu sibuk mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan, membuat kita melupakan bulan Sya’ban.

Bulan Sya’ban merupakan bulan yang sangat istimewa karena diapit oleh dua bulan mulia yakni bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan ini. Namun, biasanya bulan Sya’ban ini adalah bulan di mana manusia lalai dan lupa, karena fokus hanya kepada bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Padahal, bulan Sya’ban juga memiliki banyak keutamaan dan Rasulullah mendoakan ketiga bulan tersebut seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis, yakni:

كان إذا دخل رجب قال اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان

“Jika masuk bulan Rajab, Rasulullah berdoa: Ya Allah berkahilah umur kami pada bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikan (umur) kami hingga bulan Ramadhan”.

Dijelaskan dalam hadis secara eksplisit:

وقد روى  ابو هريرة رضى الله عنه انه قال ان النبي صلى الله عليه وسلم قال: شعبان شهرى, ورجب شهر الله, ورمضان شهرامتى, شعبان هو المكفر, ورمضان هو المطهر 

“Sya’ban adalah bulanku, Rajab adalah bulan Tuhanku, Ramadhan adalah bulan umatku. Sya’ban bulan pemberangus dosa dan Ramadhan adalah bulan penyucian diri.”

Mari kita jabarkan makna Sya’ban dari segi linguistik, Al-Imam ‘Abdurrahman As-Shafury dalam literatur kitab monumentalnya Nuzhatul Majalis wa Muntakhabun Nafa’is, menyebutkan bahwa kata Sya’ban (شَعْبَانَ) merupakan singkatan dari huruf Syin (الشَّرَفُ) yang berarti kemuliaan, huruf ‘Ain (العُلُوُّ) yang berarti derajat dan kedudukan yang tinggi yang terhormat, huruf ba’ (البِرُّ) yang berarti kebaikan, huruf alif (الأُلْفَة) yang berarti kasih sayang, dan huruf nun (النُّوْرُ) yang berarti cahaya.

Bulan Sya’ban memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan, di antaranya pada bulan ini Allah menurunkan QS. Al-Ahzab ayat 56. Segala puji hanya milik Allah, Dzat yang memilih bulan Sya’ban sebagai bulan di mana di dalamnya Allah memerintahkan kita untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad saw., dengan firmannya Allah dalam QS. Al-Ahzab ayat 56:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ  ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab 33: Ayat 56)

Shalawat dari Allah berupa rahmat, salam, dan kemuliaan, sementara shalawat dari malaikat berupa memohonkan istighfar. 

Baca Juga:

Faedah dan manfaat dari bersholawat ini banyak sekali. Faedah shalawat tidak kembali kepada Allah dan manfaat shalawat tidak kembali kepada Nabi Muhammad, melainkan faedah dan manfaat tersebut kembali kepada yang membaca shalawat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memperbanyak bacaan shalawat agar mendapatkan faedah dan manfaat dari shalawat.

Allah juga menjadikan bulan Sya’ban sebagai bulan di mana di dalamnya terdapat satu malam yang oleh Allah semua doa-doa itu mustajabah. Itulah yang disebut malam nisfu Sya’ban. Rasulullah saw. menyatakan dalam sebuah hadits sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Dailami, Imam ‘Asakir, dan Al-Baihaqy berikut ini: 

خَمْسُ لَيَالٍ لَا تُرَدُّ فِيْهِنَّ الدَّعْوَةُ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةُ الجُمْعَةِ وَلَيْلَتَيِ العِيْدَيْنِ

“Ada lima malam di mana doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam nisfu Sya’ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha”

Kemudian, Allah menjadikan bulan Sya’ban sebagai bulannya Rasulullah saw. sebagaimana posisi Rasulullah sebagai afdhalul anbiya’, maka bulan Sya’ban pun sebagai afdhalus syuhur.

Jadi, marilah kita perbanyak amalan pada bulan ini dengan memperbanyak bacaan shalawat dan beribadah kepada Allah swt.

Oleh: Eka Novitha

Sumber

Photo by ‏🌸🙌 في عین الله on Unsplash