Keutamaan Sholawat Kepada Baginda Rasulullah saw.

Posted on 68 views

Bertepatan pada bulan Robiulawal, bulan penuh kemuliaan di mana lahirnya Baginda Rasulullah saw. Di berbagai tempat diadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. Hal ini dilakukan sebagai penghormatan atas bulan kelahiran beliau.

Adapun ayat  Alquran yang menganjurkan untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad saw terdapat dalam surah Al-Ahzab ayat 56 yaitu :

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا  

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya” (QS. Al-Ahzab [33]: 56). 

Adapun penjelasan menurut ayat tersebut dari Tafsir Jalalain yang berarti bahwa (Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi) untuk Nabi Muhammad saw. (Hai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya) yaitu katakanlah oleh kalian, “Allaahumma Shalli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad Wa Sallim”, artinya, “Ya Allah! Limpahkanlah salawat dan Salam-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad.” 

Memuliakan kelahiran Nabi Muhamma saw., banyak keutamannya. Bulan di mana sangat dianjurkan memperbanyak sholawat. Karena pada bulan Kelahiran Nabi Muhammad saw. mendatangkan mukjizat berupa Alquran Bagaikan cahaya penyuluh hidayah dari kegelapan. Berikut sepuluh keutamaan membaca sholawat dari Sayyidina Al-Imam Ibnu Jauzi r.a berkata yaitu : 

  1. Orang yang senantiasa bersholawat, akan mendapatkan kasih sayang Allah SWT.
  2. Orang yang senantiasa bersholawat, akan mendapatkan syafa’at Rasulullah saw.
  3. Orang yang senantiasa bersholawat, akan meneladani amalan para malaikat yang mulia.
  4. Orang yang senantiasa bersholawat, dibedakan dari golongan orang kafir dan munafik.
  5. Orang yang senantiasa bersholawat, dapat menghapus diri dari kesalahan dan dosa.
  6. Orang yang senantiasa bersholawat, segala hajat dan pengharapan akan terkabul.
  7. Orang yang senantiasa bersholawat, di dalam dzohir dan bathin-nya akan bercahaya.
  8. Orang yang senantiasa bersholawat, akan selamat dari siksa api neraka.
  9. Orang yang senantiasa bersholawat, akan menjadi sebab masuk surga.
  10. Orang yang senantiasa bersholawat, akan mendapat salam dari Allah SWT. Yang Maha Pengampun.

Semoga dengan berkah sholawat dan berkah bulan maulid Allah, menjadikan kita yang belum cinta beliau menjadi cinta dan yang sudah mencintai beliau semakin jujur serta semakin dalam kecintaannya. اللهم صل على سيدنا محمد

Oleh: Etika Shovi

Sumber : 

Photo by Abdullah Öğük on Unsplash