Harland Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890. Belum menginjak umur tujuh tahun, telah menjadi koki handal. Awal kesuksesan Harland adalah bekerja sebagai kuli dengan hanya mendapat upah tidak lebih dari enam belas Sen. Pada tahun 1906, ia masuk tentara dan dikirim ke Kuba. Setelah itu, ia pensiun dari angkatan darat. Hidup dengan mengandalkan uang pensiun tidaklah cukup. Pada masa itu juga, Harland Sanders belajar hukum melalui koresponden dan ijazah yang telah diperolehnya tidak ada gunanya.

Harland Sanders meninggalkan profesi pengacara dan membuka sebuah stand untuk servis mobil pada tahun 1929 di Corbin, Kentucky. Suatu hari, seorang penjual asongan berkata bahwa “di kota ini tidak ada rumah makan yang bagus, sehingga siapa pun bisa makan di dalamnya dengan nyaman”. Harland Sanders mengiyakan pendapat itu.

Dalam diri Harland bergejolak dan berkeinginan untuk mendirikan sebuah rumah makan. Harland Sanders memulai menjual ayam goreng dan sayur segar dari sebuah gudang di belakang stand pelayan mobilnya yang amat sempit dan ia beri nama “Cafe Sanders”. Harland Sanders sangat suka ayam goreng, hanya saja tidak suka memakai minyak yang tidak bisa menghasilkan rasa seperti yang diinginkannya.

Baca juga

Setiap tahun, Harland Sanders selalu melakukan percobaan untuk ayam gorengnya hingga akhirnya ia menemukan resep spesial ayam goreng yang terdiri dari rempah-rempah dan bumbu lainnya yang dikenal dengan ‘sebelas bumbu rahasia KFC’. Pada tahun 1949, Harland Sanders menerima pangkat kolonel berkat keberhasilannya di wilayah Kentucky.

Harland Sanders mencoba menjual resep ayam goreng ala KFC ke rumah makan di wilayah Outta, AS. Ia menawarkan ke pasar-pasar untuk mempromosikan ide penjualan ayam KFC-nya. Hingga jumlah makan yang menjadi bagian dari franchise KFC-nya mencapai dua ratus empat di USA dan Kanada. Pada tahun 1963, rumah makan franchise KFC-nya mencapai enam ratus tempat, karena tidak mungkin memikulnya sendiri.

Oleh karena itu, Harland Sanders memutuskan untuk menjual bisnis waralaba KFC-nya kepada Jhon Brown dan seorang milyuner Jack Mass seharga satu juta dolar. Kolonel Harland Sanders meninggal pada tahun 1980 dan pada tahun 1982, bisnis waralaba KFC menjadi bagian dari anak perusahaan Reynolds. Pada tahun 1982, KFC dibeli oleh Perusahaan Pepsi Cola dengan harga delapan ratus empat puluh juta dolar.

Pada tahun 1995, jumlah makan tersebut mencapai sembilan ribu. Pegawainya mencapai tujuh ratus lima puluh ribu orang di sembilan puluh dua negara sedunia pada tahun 2005. Suatu hal yang sangat berharga ialah Kolonel Sanders telah mengalami banyak penolakan dan ia terus berusaha tanpa ada kata menyerah.

Oleh: Nur Fitriyatun Z dan Milla Zulfatul A.

Pictured by: wikipedia.org

Sumber: books.google.com/Inspirasi_Tokoh_Dunia

Leave a Comment