Teman-teman pembaca tentunya sudah mengetahui siapa sosok Nabi Ibrahim bukan? Ya, Nabi Ibrahim merupakan salah satu dari 25 nabi yang wajib diimani oleh kita sebagai umat manusia. Di antara mukjizat yang beliau memiliki adalah dapat terbebas dari api yang membakar dirinya.

Pada masa itu, Nabi Ibrahim hidup bersamaan dengan berkuasanya Raja Namrud yang zalim di  Babilonia. Para penduduk di Babilonia ini tidak menyembah Allah Swt, melainkan menyembah berhala, bulan, matahari, bahkan Raja Namrud sendiri. Nabi Ibrahim merupakan seorang pemahat patung karena pada masa itu semua rakyat menyembah berhala. Hal ini menjadikan Nabi Ibrahim tidak menyukai lingkungan di sekelilingnya. Namun beliau dengan sabar membimbing dan mengajarkan kepada penduduk Babilonia untuk beriman kepada Allah Swt. 

Pada suatu hari, tibalah perayaan musim semi di Babilonia, semua penduduk pergi untuk merayakannya. Nabi Ibrahim pergi untuk menghancurkan berhala-berhala sesembahan  yang berdiri megah. Mendengar hal ini Raja Namrud sangat geram, kemudian Nabi Ibrahim dihukum dengan cara dibakar ke dalam api yang besar. Namun atas mukjizat dari Allah Swt. Yang Maha Agung, Nabi Ibrahim selamat dari kobaran api yang sangat besar. Raja Namrud beserta pengikutnya sangat terkejut melihat hal ini. Dari peristiwa ini Raja Namrud membiarkan Nabi Ibrahim hidup.

Kisah ini juga termaktub dalam Al-Qur’an Surah Al-Anbiya ayat 69 yang berbunyi:

Kami berfirman : “Hai api menjadi dinginlah dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim.” 

Dalam riwayat Ibn Jarir at-Thabari disebutkan bahwa saat Nabi Ibrahim hendak dibakar, malaikat penjaga hujan mengadu kepada Allah Swt. untuk menurunkan hujan. Bahkan Jibril pun menawarkan bantuannya untuk memadamkan api. Namun Nabi Ibrahim menolak semua bantuan itu, kemudian beliau berkata

“Cukup bagiku bahwa Allah mengetahui keadaanku.”

Berkat keyakinannya kepada Allah, api itu menjadi sejuk dan damai. 

Kita sebagai umat Islam tentu harus meyakini dan mengambil ibrah dari kisah Nabi Ibrahim ini. Kisah ini menjadi satu dari sekian banyak pelajaran yang berharga bagi kita semua. Semoga kita dapat meniru keyakinan kuat Nabi Ibrahim kepada Allah.

Oleh: Alaina Fatha Nabila

Sumber: 

  • https://islami.co/doa-nabi-ibrahim-sebelum-dibakar-di-kobaran-api/
  • https://islami.co/kisah-qurani-rahasia-dibalik-selamatnya-nabi-ibrahim-dari-api-namrud/

Leave a Comment