Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q menggelar acara peringatan Haul ke-8 Al-Maghfurlah KH. Ahmad Warson Munawwir pada Kamis malam Jum’at (21 Januari 2021 / 9 Jumadil Akhir 1442 H). Selain haul, pada malam itu juga terselenggara Wisuda XXI Madrasah Salafiyah III, Tasyakkur Khotmil Qur’an, dan ada penampilan dari santri Madrasah Tahfidz Putri Anak (MTPA). 

Jika pada tahun-tahun sebelumnya Khotmil Qur’an, Wisuda, maupun Haul dilaksanakan dalam waktu yang berbeda, lain halnya dengan tahun ini karena pandemi yang belum reda, maka rangkaian acara tersebut dilaksanakan pada satu waktu dan dalam satu majelis. Tentunya ketiga acara tersebut diselenggarakan secara virtual. Santri yang berada di pondok dan dewan pengasuh mengikuti majelis haul dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Bagi wali santri, santri yang berada di luar pondok, alumni, dan masyarakat umum menyaksikan acara melalui Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube. 

Wisuda XXI Madrasah Salafiyah III diikuti oleh 33 wisudawati yang terdiri dari 14 santri yang sudah berada di pondok dan sisanya masih berada di luar pondok. Acara Khotmil Qur’an tidak hanya diikuti oleh santri mahasiswa, tetapi juga diikuti oleh santri (MTPA).  Pada Tasyakkur Khotmil Qur’an tahun ini diikuti oleh khotimat 30 juz bil hifdzi, 15 juz bil hifdzi, 10 juz bil hifdzi, 5 juz bil hifdzi, dan khotimat Juz ‘Amma. 

Haul menjadi puncak acara. Acara dibuka dengan sambutan yang mewakili pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Dr. H. Kholid Arif Rozaq, S.Hut., M.M. Selanjutnya, pembacaan Surah Yasin oleh KH. Fairuzi Afiq Dalhar, pembacaan tahlil dan doa oleh Dr. KH. Habib Abdu Syakur dan mau’idoh hasanah oleh Dr. KH. Hilmy Muhammad. Acara diakhiri dengan penampilan hadroh dari Tsamrotul Muna.

Rangkaian acara berjalan dengan lancar dengan iringan deras air hujan pada pertengahan acara. Segala hal yang dibutuhkan untuk terselenggaranya majelis virtual, dikelola oleh panitia yang berasal dari santri Komplek Q. Semoga para wisudawati dan khotimat memperoleh keberkahan, dan tentunya, doa untuk Al-Maghfurlah KH. Ahmad Warson Munawwir tak henti-hentinya kita lantunkan untuk beliau. Al-fatihah.

Oleh: Iqna Isti’nafiyah

Leave a Comment