Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan Rapat Kerja (Raker) Madrasah Salafiyah III (Masaga) Tahun 2019 dilaksanakan di Ruang Seminar dan Bedah Buku Perpustakaan Daerah Grhatama Pustaka pada Ahad (24/11). Acara ini kembali dilaksanakan pada tahun 2019 setelah beberapa tahun tidak dilaksanakan. “Acara LPJ dan raker semacam ini terakhir kali dilaksanakan sekitar tahun 2010”, ungkap salah satu pengurus Masaga.

Acara yang dilaksanakan sejak pukul 08.30 WIB hingga 15.30 WIB ini dihadiri oleh Gus Kholid, Pak Agus Najib, beberapa asatiz dan asatizah, serta beberapa tamu undangan.

Dalam sambutannya, Gus Kholid–perwakilan dari pengasuh, menyoroti perihal kurikulum Masaga. Berkaitan dengan disahkannya UU tentang Pesantren, Masaga didorong untuk menuju kurikulum mu’adalah seperti yang sudah diterapkan di Madrasah Salafiyah I agar nantinya lulusan Masaga lebih diterima dan diakui oleh Kementrian Agama.

Pak Agus Najib–kepala Masaga, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam mengelola Masaga, baik dari pengasuh, wakil kepala, hingga pengurus Masaga.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban setiap divisi pengurus Masaga yang meliputi bendahara, humas, kesantrian, kurikulum, sarana dan prasarana, serta tata usaha. Selanjutnya LPJ ditanggapi oleh forum. Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan pembacaan rancangan program kerja masing-masing divisi yang diikuti oleh tanggapan dari forum.

Pada akhir acara, Pak Agus Najib menetapkan rencana pelaksanaan rapat lanjutan yang akan membahas mengenai perumusan kurikulum Masaga sebagai hasil dari kesepakatan Raker hari ini. Rapat kurikulum rencananya akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Desember mendatang.

Oleh: Hanin Nur Laili

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *