Grup Hadrah Tsamrotul Muna pada malam pentas seni Harlah PP Al Munawwir Krapyak (16/11)

Peringatan Harlah ke-108 Pondok Pesantren Al Munawwir yang telah dibuka pada Sabtu (16/11) dilanjutkan dengan acara Pentas Seni (Pensi) di malam hari. Penampilan Pensi yang bertempat di Lapangan Ali Maksum ini dimulai pada pukul 20.00 WIB.

Acara Pensi diisi dengan penampilan kesenian dari masing-masing komplek Pondok Pesantren Al Munawwir. Grup Hadrah Tsamrotul Muna–mewakili penampilan dari Komplek Q–turut memeriahkan malam Pensi. Ghonnili, Ya Sayyida Sadat, dan Wulidal Musyarof merupakan tiga lagu yang dibawakan oleh Grup Hadrah Tsamrotul Muna. Disela-sela penampilan Pensi, MC menuturkan sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al Munawwir. Selain itu, MC juga memberikan kuis seputar ke-munawwiran, baik sejarah terdahulu maupun kondisi terkini.

“Setelah tidak diselenggarakan beberapa edisi, alhamdulillah tahun ini bisa terselenggara kembali. Tentunya senang karena selain sebagai wadah mempererat Silaturrahim juga sebagai momen meneladani kembali tokoh-tokoh di Krapyak, khususnya mbah Munawwir.”, ucap Hafidhoh Ma’rufah selaku lurah Komplek Q.

Ia berharap ke depannya harlah ini dapat menjadi agenda tahunan selain haul dan agar penyelenggaraan harlah lebih terkonsep serta melibatkan masyarakat yang lebih luas.

Tak hanya penampilan Pensi dari masing-masing komplek, berbagai stand bazar ikut menyemarakkan acara pada malam hari ini. Berbagai stand bazar tersebut diisi oleh beberapa komplek dan orda (Organisasi Daerah) yang ada di Pondok Pesantren Al Munawwir. Pada kesempatan kali ini, Komplek Q membuka dua stand yang terdiri dari stand pakaian dan kuliner.

Kemeriahan acara Pensi berlangsung hingga menjelang tengah malam. Puncaknya diisi oleh penampilan Medina–Guess Star–dengan beberapa lagu. Selanjutnya acara ditutup dengan penampilan hadrah dari komplek Madrasah Huffadz dan Ribathul Qur’an (MHRQ) yang membawakan lagu Mabruk Alfa Mabruk dan Man Ana.

Oleh: Dewi Habibatul A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *