Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) turut Meriahkan Serangkaian Acara Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional PP Almunawwir Komplek Q

Diposting pada 16 views

Dalam rangka Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional 2021 Ponpes Almunawwir Komplek Q gelar Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) yang diikuti oleh semua santri dengan mengirimkan tiga orang delegasi sebagai perwakilan masing-masing rayon, Minggu (17/10).

Materi yang dilombakan pada MFQ kali ini adalah al-Quran (sambung ayat dan terjemah), asbabun nuzul, hadis, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), tajwid, tauhid, fiqih, Aswaja dan ke-NUan, dan pengetahuan umum seputar keislaman.

Perlombaan yang dilaksanakan di musala barat Komplek Q ini terdiri atas tiga babak, yaitu babak penyisihan, babak lemparan (grand final), dan babak rebutan (final). Babak penyisihan dipimpin oleh Hafidhoh Ma’rufah (juri) dan Faridatun Nida (juri). Peserta menjawab soal yang telah dipilih dan dibacakan oleh juri. Babak penyisihan dimenangkan oleh Rayon Q6, Rayon Q2, dan Rayon Q10 yang kemudian maju ke babak lemparan untuk penentuan juara 3.

Babak lemparan dilaksanakan secara online melalui zoom meet dengan menghadirkan Ibu Nyai Fatimatuz Zahra (alumni komplek Q sekaligus pengasuh Rumah Baitul Quran, Batam) sebagai juri. Babak ini mendapatkan Q2 sebagai juara 3 dan dilanjutkan babak rebutan (final) untuk penentuan juara 1 dan 2 antara Rayon Q6 dan Rayon Q10.

Babak rebutan dilaksanakan secara offline di musala barat Komplek Q dan kembali dipimpin Hafidhoh dan Farida. Sebagaimana babak final MFQ pada umumnya, babak rebutan dilaksanakan dengan sistem ‘siapa cepat dia menjawab’. Pertandingan sengit itu akhirnya mendapatkan Rayon Q6 sebagai juara 2 dengan skor 365 dan Rayon Q10 sebagai juara 1 dengan skor 635.

Meskipun sempat terjadi kendala pada salah satu babak, akan tetapi pelaksanaan Musabaqah Fahmil Quran berjalan lancar dan meriah diringi oleh sorakan pendukung dari masing-masing Rayon.

Melalui adanya Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) diharapkan kedepannya mampu menambah semangat dan antusiasme santri Komplek Q untuk terus belajar, tidak hanya mampu membaca al-Quran dengan bacaan tajwid yang benar tetapi juga memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Oleh: Dewi Hab

Foto: Dokumentasi Pribadi Komplek Q