Setiap tahunnya, dunia memperingati pekan ASI pada tanggal 1-7 Agustus. Minggu spesial ini sudah diperingati sejak tahun 1992 sebagai gagasan dari lembaga dunia, UNICEF dan WHO.

Hal ini bermula dari gagasan tentang pentingnya peran ASI dalam tumbuh kembang serta kesehatan anak. Dengan diperingatinya World Breastfeeding Week setiap tahunnya ini, terus mengingatkan dan mendukung para orang tua di seluruh dunia dalam mensukseskan pemberian ASI eksklusif untuk bayi, setidaknya selama 6 bulan pertama kehidupan bayi.

Hingga saat ini, ada 170 lebih negara yang telah berpartisipasi menyelenggarakan Pekan ASI Sedunia dengan tentunya berkoordinasi bersama World Alliance for Breastfeeding Action (WABA).

Dilansir dari situs resmi WABA, Pekan ASI Sedunia memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Ya, hal ini tentu saja berdasarkan isu dunia yang bisa dikaitkan dengan pentingnya pemberian ASI untuk bayi.

Seperti halnya pada tahun 2019 lalu, Pekan ASI Sedunia mengusung tema pentingnya peran ayah dalam menyusui. Bahwa menyusui bukan hanya peran ibu saja, melainkan keterlibatan ayah juga sama pentingnya.

Sedangkan di tahun 2020 ini, WHO, UNICEF dan WABA mengaitkannya dengan isu kesehatan lingkungan. Terlebih lagi, tahun 2020 ini, dunia diguncang dengan pandemi Covid-19 yang membuat kita semakin sadar bahwa kesehatan lingkungan sangat berpengaruh besar bagi kehidupan kita.

Menyusui, menjadi salah satu kunci untuk menciptakan generasi serta lingkungan yang sehat di masa depan. Dari berbagai manfaat ASI, akan tercipta imunitas yang baik bagi anak-anak kita. Dari anak-anak yang tumbuh sehat dan cerdas, akan terwujud pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan yang baik di masa depan.

Sebagai seorang ibu atau calon ibu, kita perlu mengetahui dan menyadari bahwa ASI sangat penting dalam tumbuh kembang bayi. Berulang-ulang, di setiap tahunnya, WHO dan UNICEF juga mengingatkan tentang rekomendasi pemberian ASI dengan cara terbaik, diantaranya:

  • Inisiasi Menyusui Dini (IMD) maksimal satu jam setelah bayi lahir
  • ASI eksklusif pada 6 bulan pertama kehidupan bayi
  • Melanjutkan pemberian ASI hingga bayi berusia setidaknya dua tahun dengan pengenalan sumber nutrisi lainnya dalam bentuk makanan padat yang aman sejak usia bayi 6 bulan.

Selamat mengASIhi, Moms!

Oleh: Anu’ma Syifaus S.

Sumber:

  • https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/sejarah-pekan-asi-sedunia-yang-diperingati-setiap-1-7-agustus-efqB
  • https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparanmom/pekan-asi-sedunia-apa-sih-sebenarnya-27431110790559007
  • https://www.mooimom.id/mamapedia/kehamilan_menyusui/pekan-asi-sedunia-2020
  • https://www.google.com/amp/s/batam.tribunnews.com/amp/2020/07/31/hari-asi-sedunia-1-agutus-diperingati-untuk-kampanye-meningkatkan-kesehatan-bayi
  • https://waba.org.my/wbw/

Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

Leave a Comment