Krapyak – Pembacaan Qosidah Burdah turut menyemarakkan peringatan Haul Almaghfurlah Simbah KH. M. Munawwir bin Abdullah Rosyad ke-80. Acara rutin ini dilaksanakan menjelang puncak haul sebagai wujud cinta mahabbah kepada Kanjeng Rasul Muhammad SAW rangkap dengan Mbah munawwir. Bertempat di halaman pesantren, acara dihadiri oleh ratusan santri, para pengasuh serta tamu undangan.

Tahun ini Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak menggelar peringatan Haul dengan berbagai rangkaian acara seperti 80 majlis muqoddaman, ro’an akbar, 120 majlis sima’an, pembacaan qasidah burdah, dan sebagai puncaknya pada Jum’at, (15/02/19) mendatang akan digelar pula haflah Khotmil Qur’an putri.

Nampak di lokasi deretan tenda acara dan pangung sudah berdiri, siap menyambut pelaksanaan puncak Haul yang tinggal sehari lagi.

Pembacaan Qosidah Burdah dimulai ba’da Isya yaitu sekitar pukul 20.00 WIB. Lantunan sholawat dari grup hadroh Almunawwir turut menyambut jalannya acara. Terlihat hadirin dan hadirat kompak mengenakan pakaian putih-putih dan membawa kitab burdah.

Panitia pelaksana juga menyediakan beberapa layar projektor yang menampilkan syair burdah untuk memfasilitasi hadirin yang tidak membawa kitab.

KH. Muhtarom Busyro mengawali pembukaan acara ini dengan pembacaan tawassul kemudian dilanjutkan pembacaan Qosidah Burdah yang dipimpin oleh vokal hadrol Al-Munawwir. Acara berlangsung begitu khidmat.

Seusai itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan do’a yang dipimpin oleh KH. R. M. Najib AQ selaku pengasuh pusat ponpes Al-Munawwir. Malam semakin larut, meski demikiam acara tetap berlangsung khidmat. KH. Afif Muhammad memungkasi acara malam ini dengan mauidhoh hasanah. Acara rampung sekitar pukul 23.00 WIB.

Penulis : Nur Afifi
Editor : Afrizal Qosim

Leave a Comment