Sabtu (1/2), pembukaan Musyawarah Besar (Mubes) ke 4 dan temu alumni Halqimuna Himpunan Alumni Komplek Q PP. Al Munawwir) kembali dilaksanakan. Mubes yang diselenggarakan empat tahun sekali ini dibuka pukul 08.30 WIB di Aula Pondok Pesantren Al-Munawwir komplek Q. 

Acara ini diawali oleh penampilan hadrah Tsamrotul Muna, kemudian dibuka secara resmi oleh Gus Kholid Arif Rozaq selaku perwakilan dari pengasuh komplek Q. Pada sambutannya kali ini, Gus Kholid menyampaikan beberapa pesan kepada alumni agar senantiasa meneladani sikap para ulama dalam menjaga perdamaian serta tak mudah terlibat perdebatan terutama yang bersifat furu’iyah. Dalam hal ini Gus Kholid mengutip sebuah kalimat dari Almarhum Kyai Warson yg senantiasa menyikapi masalah dengan santai—“Ah ngunu kok digawe report, pret.”

Gus Kholid juga memberikan support kepada para alumni agar selalu memegang teguh yalal wathon sebagai bentuk semangat. Hal ini bisa diaplikasikan di daerah masing-masing sebagai bentuk ghirah alumni. Di akhir sambutan Gus Kholid menyampaikan harapannya untuk Mubes alumni tahun ini. 

“Semoga Mubes menghasilkan keputusan-keputusan yang maslahat. Yang terpenting dalam alumni itu ada sinergi. Kekuatan-kekuatan yg kecil disatukan jadi kuat, yang kuat bantu yg lemah, dan yang lemah jangan minder.”

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Halqimuna—Maratul Istianah dan disusul sambutan Ketua Panitia—Sukati. Usai sambutan, penampilan tari dari santri MTPA turut memeriahkan pembukaan Mubes Alumni pagi ini. Di akhir, penampilan Tsamrotul Muna kembali memeriahkan acara. Dalam hal ini tim hadrah mengiringi alumni bersholawat untuk bernostalgia masa-masa indahnya di Komplek Q. 

Oleh: Dewi Habibatul

Foto: Dokumentasi Pribadi Komplek Q

Leave a Comment