Santri (Siswi)

Siswa Madrasah Salafiyah III Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek “Q” Krapyak Yogyakarta ini dikenal juga dengan istilah santri, karena mereka bertempat tinggal di asrama pondok pesantren. Dengan demikian, mereka mempunyai dua status yaitu sebagai siswi dan sekalian sebagai santri. Selain mengikuti kegiatan-kegiatan kemadrasahan-kepesantrenan yaitu mengikuti pengajian kitab-kitab kuning (tafsir, fiqih, hadist, tasawuf, akhlaq) dan al-Qur’an, mereka juga melaksanakan kegiatan di luar yaitu belajar di lembaga pendidikan umum.

Santri bertempat tinggal (bermukim) di asrama Pondok Pesantren, khususnya mereka yang berasal dari daerah luar Yogyakarta dan sebagai menunjang keberhasilan dan kesuksesan santri, para santri dikelompokan dalam beberapa kelompok kamar yang telah ditentukan oleh pengurus pondok (asrama) sesuai dengan tingkat usia dan jenjang pendidikan mereka masing-masing.

Latar belakang pendidikan para santri bermacam-macam. Sebagian mereka lulusan/tamatan SD/Madrasah Ibtidaiyah, SMP/Madrasah Tsanawiyah, SMU/Madrasah Aliyah, Perguruan Tiggi/Akademi yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hingga saat ini, jenjang pendidikan yang ditempuh para santri Madrasah Salafiyah III yaitu:

  1. Mustawa I’dad (Tingakat Persiapan)
  2. Mustawa Awwal (Tingkat Satu)
  3. Mustawa Tsani (Tingkat Dua)
  4. Mustawa Tsalits (Tingkat Tiga)
  5. Mustawa Robi’ (Tingkat Empat)
  6. Mustawa Khomis (Tingkat Lima)

Dalam setiap kelas jumlah santri berbeda-beda, karena penempatan kelas tersebut berdasarkn nilai (testing kemampuan) yang diselenggarakan oleh pihak madrasah. Bisa jadi setelah dites dimasukkan ke kelas I’dad, I, II, III, atau seterusnya. Berikut ini adalah keadaan santri tiap mustawa (kelas);

Jumlah Santri dalam Kelas
 Madrasah Salafiyah III Al-Munawwir
 Tahun Pelajaran 1439-1440 H /2018-2019 M

No Kelas Jumlah
1. Mustawa I’dad 23
2. Mustawa Awwal 46
3. Mustawa Tsaniyah 75
4. Mustawa Tsalitsah 64
5. Mustawa Robi’ah 36
6. Mustawa Khomisah 26
Jumlah 268

Aktifitas santri (siswi) sangat padat sekali, dimulai pagi sampai malam hari, sebagaimana tabel dibawah ini: 

Jadwal Aktivitas Santri
 Madrasah Salafiyah III Al-Munawwir
 Tahun Pelajaran 1439-1440 H /2018-2019 M

Waktu Jenis pengajian Kitab Pengampu
05.30-06.00 Bandongan pagi تفسير القران العظيم M. Thoifur M.Si
نصائح العباد H. M.Kholid Arif Rozaq, S. Hut, MM
16.00-15.00 Bandongan sore جواهرالبخارى H. Suhadi Chozin, S.Ag
منهاج العابدين Drs. Muslih Ilyas
19.00-20.00 Diniyah lailiyah (Jam 1) Terjadwal  Para Ustadz/ah
20.00-21.00 Diniyah lailiyah (Jam 2) Terjadwal Para Ustadz/ah
21.00-22.00 PQ dan Sorogan Terjadwal Para Roisah

Untuk melatih santri dalam rangka mengabdi kepada masyarakat kelak setelah mereka kembali kemasyarat luas, maka setiap malam jum’at santri diwajibkan mengikuti kegiatan-kegiatan kepesantrenan, yaitu latihan khitobah, zibaiyah, tahlil dan sebagainya.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, sudah disediakan oleh pihak pengasuh. Hal ini dimaksudkan untuk memepermudah santri menyelesaikan dan melanjutkan program-program selanjutnya.