Dua puluh hari Ramadan di Komplek Q telah dilalui. Jumat, 24 Mei merupakan hari penutupan Program Khusus Ramadhan (PKR) PP Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. Acara penutupan diikuti oleh semua santri dengan antusias. Penutupan yang dimulai pukul 15.30 WIB menjadi akhir kegiatan mengaji (posonan) di Komplek Q.

Acara penutupan ini diisi dengan sambutan ketua panitia PKR oleh Ita Fitriana, sambutan ketua pondok PP Al Munawwir Komplek Q oleh Malpha Della Talitha, dan sambutan pengasuh PP Al Munawwir Komplek Q yang diwakili oleh Gus Kholid Arif Rozaq, pesan yang disampaikan kepada semua santri yaitu “mengucapkan terimakasih sebesar-sebarnya kepada panitia dan mengapresiasi kepada seluruh santri atas antusias nya mengikuti kegiatan PKR pada tahun ini. dan selamat berlibur bertemu keluarga dan sanak saudara di kampung halaman” uja Gus Kholid.

Dilanjutkan dengan acara ceramah yang diisi oleh Ustadz Agus Najib, beliau memberi nasihat kepada semua santri bahwa menjadi salah satu santri harus mengemban akhlakul karimah. Bulan Ramadan merupakan kesempatan memperbaiki akhlak dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bulan yang dilipatgandakan segala amal perbuatan seperti melakukan satu ibadah/kewajiban pahalanya akan dilipatgandakan 70 kali. Menjalankan ibadah sunnah pahalanya seperti menjalankan ibadah wajib, dan diam itu sudah dianggap seperti membaca tasbih, sungguh mulia bulan Ramadan yang dikaruniai Allah dalam segala perbuatan manusia di muka bumi ini.

Begitu juga sebaliknya, apabila berbuat dosa atau kesalahan didalam bulan yang disucikan ini maka amal setahun akan sia-sia, ditambah dengan 3 siksaan yaitu akan dilaknat oleh Allah SWT, akan dilaknat oleh malaikat dan tidak diterima ibadahnya selama bulan Ramadan. Ustadz Agus Najib juga berpesan kepada semua santri “Ingatlah yang dipesankan oleh Rasulullah SAW, berhati-hatilah dan jagalah bulan Ramadan, bulan yang suci dan mulia jangan sampai diisi dengan dosa yang akan merugikan kita dengan siksaan-siksaan. Naudzubillah tsumma Naudzubillah,” ujar Ustasd Agus Najib kepada para santri. Kemudian, acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustadz Muslih Ilyas.

Acara yang penuh dengan khidmat ini berlangsung sampai pukul 17.00 WIB. Acara penutupan ini tidak hanya dengan penutupan formal saja, namun dilanjutkan dengan buka bersama yang juga diikuti oleh asatidz dan asatidzat. Buka bersama di halaman mushola barat dengan nampan atau mayoran (kepungan), akan menambah rasa kekeluargaan dan kebersamaan para santri.

Semua kegiatan Program Khusus Ramadan ini berjalan dengan lancar atas kerjasama dan partisipasi semua santri. Harapannya tidak hanya sebuah menunaikan kewajiban mengaji, namun juga sebagai kebutuhan oleh setiap santri. Selamat berlibur.

 

Oleh: Erfika

Leave a Comment