Yogyakarta, Sabtu (7/3/2020) Tim Medis Apotek UGM lakukan penyuluhan kesehatan di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q. Penyuluhan kesehatan yang memfokuskan pada Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Coronavirus (COVID-19) dilaksanakan di Musala Barat Komplek Q.

Acara dibuka pukul 09.00 WIB oleh Firsani, anggota Apotek UGM. Dilanjutkan sambutan oleh Nisa, perwakilan Apoteker UGM. Dalam kesempatan kali ini, Nisa menyapa para santri yang hadir serta berharap santri bisa memanfaatkan ilmu yang didapat dari acara ini dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Nisa menghimbau santri agar lebih bijak dalam menyikapi adanya coronavirus.

“Jangan terlalu fokus pada ketakutan kita, tapi lebih fokus pada pencegahannya” tuturnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Listriyah, anggota Divisi Kebersihan dan Kesehatan Komplek Q. Listriyah, dalam sambutannya, mengucapkan puji syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak terkait kemudian mengajak santri yang hadir agar membagikan informasi yang didapat pada teman-teman sekamarnya, mengingat penyuluhan pagi ini terbatas untuk 25 orang pendaftar pertama.

Selanjutnya pemaparan materi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh Yesiska, Tim Medis Apotek UGM. Yesiska menegaskan pentingnya kesadaran diri sendiri mampu berdampak untuk lingkungan sekitar. Selain itu Yesiska menjelaskan 8 langkah perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian dilanjutkan materi tentang coronavirus.

Mengingat baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan berita dua orang WNI yang terjangkit coronavirus, Yesiska memberikan pengetahuan dasar tentang coronavirus. Mulai dari penularan, gejala, sampai cara pencegahan. Dalam pemaparannya, Yesiska berulangkali menghimbau agar para santri tak terlalu khawatir dengan bahaya coronavirus, akan tetapi lebih fokus menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

“Tubuh kita, oleh Tuhan sudah dilengkapi dengan sistem imun untuk melawan semua virus-virus itu. maka jaga tubuh kita agar selalu fit dan sehat. Dengan begitu virus tak akan mudah masuk.” tukasnya.

Usai pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian pihak Apotek UGM mengajak santri bermain game di Kahoot untuk me-review materi yang telah diberikan. Selanjutnya pihak Apotek UGM memberikan hadiah untuk santri yang telah memenangkan game dan santri yang bertanya.

Setelah pemberian kenang-kenangan oleh pihak Apotek UGM dan Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q, acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Oleh: Dewi Habibatul

Foto: Dokumentasi Pribadi Komplek Q

Leave a Comment