Perempuan pertama yang akan dibahas dalam seri ini adalah Siti Aminah, Ibunda Rasulullah SAW. Menurut Qirmani, Allah telah menganugerahkan kepada Aminah berupa wajah yang cantik dan sempurna (cantik lahir batin) serta perempuan paling bijaksana dalam kaumnya,  pandai berbicara, ahli balaghoh (ucapannya mengandung sastra), dan tidak ada perempuan satu pun yang menandingi Aminah dalam segi apapun. Aminah merupakan perempuan yang paling menonjol kesempurnaannya di kalangan kaum Arab. Aminah meninggal setelah kelahiran Nabi Muhammad kira-kira 6 tahun usia nabi dan dimakamkan di tanah Abwab.

Menurut Yaqut dalam kitab mu’jam: sebab Aminah dimakamkan di Abwab yaitu karena ayah nabi, Abdullah. Abdullah keluar ke Madinah untuk berdagang kurma dan dalam perjalanan berdagang ayah nabi meninggal.

Ada beberapa versi cerita meninggalnya Aminah.

Pertama,  Aminah pergi ziarah ke makam Abdullah di Madinah ketika Nabi Muhammad berusia 6 tahun. Perjalanan ini ditemani oleh Abdul Mutholib (kakek nabi) dan Ummu Aiman (pengasuh nabi). Selama perjalanan  pulang ke Mekkah,  Aminah meninggal kemudian dimakamkan di tanah Abwab.

Kedua, diceritakan bahwa Aminah diajak Abu Tholib untuk berkunjung ke saudaranya yang ada di Madinah. Ketika pulang ke Makkah, Aminah meninggal dan dimakamkan di tanah Abwab.

Ketiga, Aminah dimakamkan di perkampungan yang berada di Makkah. Menurut informasi, Abwab disembunyikan oleh kerajaan Saudi. Hal ini dikarenakan bangsa Arab  menghindari ziarah kubur karena dikhawatirkan menjadi destinasi banyak orang. Ziarah menurut kalangan Salafi itu dilarang. Jadi, konon katanya Abwab itu disembunyikan dengan berbagai cara. Ada yang mengatakan dengan disiram oli agar tidak nampak jejak bahwa di situ ada makam ibu nabi. Bahkan sangat dikampayekan oleh kaum Salafi kekafiran Aminah dan menyebut bahwa Aminah adalah ahli neraka. Ini semua berdasarkan cerita. Sedangkan yang sebenarnya, Aminah dimakamkan di tanah Abwab. Jika menggunakan kata yuqolu dan qila pada zaman sekarang itu masuk dalam kategori hoax. Karena tidak bisa ditelusuri dan tidak mempunyai  sumber yang jelas.

Keempat, diceritakan Aminah dimakamkan di Makkah di perkampungan Abi Dab. Aminah merupakan  orang yang ahli syair di bangsa Arab dan terhormat. Salah satu syiirnya ditulis ketika Aminah dalam masa nazak dan nabi sedang bermain di sampingnya, Aminah merasa sedih karena akan meninggalkan nabi sehingga nabi akan menjadi  yatim piatu.

Aminah walaupun sudah wafat namanya tetap terkenang karena beliau melahirkan seorang tokoh yang besar yaitu Nabi Muhammad Saw.

Oleh: Hafidhoh dan Qorry

Disarikan dari Pengajian Kitab Niasun khaularaosul oleh Ustaz Tajul

1 Comment

Leave a Comment