Tahukah Anda tentang Hari Kesehatan Seksual Dunia?
Pada tahun 2010, Asosiasi Kesehatan Seksual Dunia atau World Association for Sexual Health (WAS) meminta seluruh organisasi anggotanya untuk merayakan Hari Kesehatan Seksual Dunia atau World Sexual Health Day (WSHD) setiap tanggal 4 September. Tujuannya adalah untuk mempromosikan isu kesehatan seksual ke seluruh dunia.

Hari Kesehatan Seksual Dunia yang pertama kali (2010) diperingati dengan slogan “Let’s talk about it!” dengan tujuan memecahkan ketabuan terkait seksualitas yang masih beredar di banyak negara. Sedangkan pada tahun kedua perayaannya, WSHD 2011 berfokus pada remaja dan anak muda, dengan slogan “Kesehatan Seksual Remaja dan Anak Muda: Berbagi Hak dan Tanggungjawab”. Fokus pada remaja diambil mengingat pada tahun yang sama PBB mencanangkan the International Year of Youth. Perayaan WSHD pada tahun tersebut meliputi diskusi, konferenesi, hingga pameran karya seni yang dilakukan di banyak negara.

Kemudian, fokus WSHD pada 2012 adalah keberagaman dan minoritas, dengan slogan, “Di dunia yang beragam, kesehatan seksual untuk semua”. Perayaan WSHD 2012 di seluruh dunia dilakukan oleh banyak orang, mulai dari orang tua, transgender, orang dengan disabilitas, imigrant, dan sebagainya.

Nah, sedangkan slogan WSHD 2013 adalah “Untuk mencapai kesehatan seksual, hak seksual haruslah terpenuhi” yang bertujuan untuk mengingatkan kita pentingnya pemenuhan hak seksual untuk mencapai kesehatan seksual.

Berikut adalah definisi hak seksual menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan World Association for Sexual Health (WAS) (2002):

“Kesehatan seksual merupakan suatu keadaan sejahtera secara fisik, emosional, mental dan social, terkait dengan seksualitasnya; tidak hanya suatu keadaan terbebas dari penyakit atau kecacatan. Kesehatan seksual membutuhkan pendekatan yang positif dan penghargaan terhadap seksualitas dan hubungan seksual, juga pengalaman seksual yang menyenangkan dan aman, bebas dari paksaan, diskriminasi, dan kekerasan.”

Seringkali masyarakat awam masih menganggap segala topik mengenai seks sebagai sesuatu yang tabu untuk dibicarakan sehingga proses edukasi seksual belum diterima dengn baik. Padahal edukasi seksual merupakan hal yang sangat penting untuk diajarkan, baik kepada kalangan muda maupun tua. Jika masyarakat teredukasi dengan baik, maka akan dapat mencapai dan menjaga kesehatan seksual dengan pemenuhan hak-haknya serta tanpa adanya diskriminasi.

Semoga tercapai seksual positif yang sehat di seluruh dunia.

Selamat Hari Kesehatan Seksual Dunia!

Oleh: Dhab

Referensi:

Foto: by Dainis Graveris on Unsplash

Leave a Comment