Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 Madrasah Ibtidaiyah Tahfidz El Muna Q mengadakan berbagai perlombaan. Perlombaan ini diikuti oleh siswi MI Tahfidz El Muna Q, mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 3. MI Tahfidz El Muna Q baru berdiri pada tahun 2017 sehingga saat ini baru memiliki 3 kelas. Meski begitu anak-anak sangat antusias dalam mengikuti perlombaan.

Perlombaan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2019 di aula musala barat. Ada 4 macam perlombaan yang diadakan oleh MI Tahfidz El Muna Q yaitu, lomba menghias kelas, lomba makan kerupuk, lomba sumpit kedelai, dan lomba estafet karet. Sebelum mengikuti perlombaan para siswi MI Tahfidz El Muna Q yang ingin mengikuti lomba mendaftarkan diri terlebih dahulu kepada masing-masing wali kelasnya. Setiap anak boleh mengikuti lebih dari satu perlombaan.

Ada dua kategori lomba yaitu, kategori individu dan kategori kelompok. Lomba yang termasuk kategori individu yaitu lomba sumpit kedelai dan lomba makan kerupuk. Sedangkan yang termasuk dalam kategori kelompok yaitu lomba menghias kelas dan lomba estafet karet. Perlombaan ini dapat melatih keberanian, menyalurkan bakat dan keratifitas serta menumbuhkan kerjasama yang baik. Selain itu juga untuk menumbuhkan jiwa cinta tanah air.

Lomba menghias kelas diadakan sejak tanggal 14 Agustus 2019. Lomba menghias kelas sengaja diadakan beberapa hari sebelum tanggal 16 Agustus agar anak-anak bisa memiliki cukup waktu untuk berkreasi sesuai kemampuan mereka. Setelah pulang sekolah anak-anak tidak langsung pulang. Mereka masih tinggal di sekolah untuk menghias kelas agar terlihat bersih dan menarik. Sedangkan untuk perlombaan yang lain diadakan pada tanggal 16 Agustus 2019 pada pukul 09.30, sebelumnya anak-anak mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terlebih dahulu.

Lomba selanjutnya yang diikuti anak-anak pada hari itu adalah lomba makan kerupuk. Ada 27 peserta lomba makan kerupuk mulai dari kelas 1 sampai kelas 3. Para peserta sangat antusias untuk menggigit kerupuk yang digantung dengan menggunakan tali raflia. Kerupuk-kerupuk tersebut digantung dan digoyang-goyang oleh panitia, sehingga banyak peserta yang kesulitan untuk menggigitnya. Teman-teman yang tidak mengikuti lomba bersorak-sorak memberi semangat kepada para peserta. Meski demikian ada beberapa peserta yang berhasil menghabiskan kerupuk.

Setelah lomba makan kerupuk selesai, lomba selanjutnya yang diikuti siswi MI Tahfidz El Muna Q adalah lomba sumpit kedelai. Lomba sumpit kedealai diikuti oleh 8 peserta. Masing-masing peserta diberi satu pasang sumpit, satu piring yang berisi beberapa butir kedelai dan satu gelas kosong. Para peserta harus memindahkan kedelai yang berada di dalam piring ke dalam gelas kosong dengan menggunakan sumpit. Waktu yang diberikan yaitu 5 menit. Dari 8 peserta tadi ada satu siswi kelas 3 yang berhasil mengumpulkan kedelai sebanyak 43 butir. Dia memperoleh kedelai paling banyak diantara teman-temannya.

Perlombaan terakhir yaitu lomba estafet karet. Lomba ini terdiri dari 5 kelompok dengan jumlah anak masing-masing kelompok ada 5 anak. Masing-masing kelompok terdiri dari satu ketua kelompok yang berdiri paling depan dan diikuti masing-masing anggotannya berbaris ke belakang. Semua peserta menggigit sedotan di mulut mereka. Kemudian di depan setiap kelompok ada guru yang memegang karet dengan jumlah yang sama. Kelompok yang paling cepat mengoperkan karet ke belakang adalah pemenangnya. Para peserta yang mononton bersorak memberikan semangat kepada teman yang berlomba.

Lomba-lomba tersebut berlangsung hingga pukul 11.30. Setelah itu dilanjutkan dengan istirahat, makan siang dan sholat dhuhur berjamaah. Setelah salat berjamaah mereka kembali lagi ke aula mushola barat untuk mendengarkan pengumuman hasil pelombaan. Masing-masing dari perlombaan diambil juara 1 sampai 3.

 

Oleh: Januika

Leave a Comment