Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti oleh umat muslim. Di mana pada bulan Ramadan, pintu-pintu langit dibuka, dan setan-setan pengganggu dibelenggu. Bahkan pada bulan ini terdapat satu malam terbaik dibandingkan dengan seribu bulan. Hal tersebut telah disabdakan Nabi Muhammad Saw. pada pidato awal bulan Ramadan di hadapan para sahabat, sebagai berikut :

 “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang diberkahi, Allah mewajibkan atas kalian berpuasa. Pintu-pintu langit dibuka di bulan ini, pintu-pintu neraka jahim ditutup, setan-setan pengganggu dibelenggu. Di bulan ini terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa terhalangi dari kebaikan di dalamnya, maka ia telah terhalangi  (mendapat kebaikan yang sempurna). (HR. Ahmad dan al-Nasa’i).

Berbagai kegiatan di masjid, musala dan pesantren menjadi kegiatan rutin untuk menambah semangat berlomba dalam kebaikan. Kegiatan tadarus, pengajian bandongan, I’tikaf, dan kegiatan lain seringkali terdengar di surau-surau desa. Namun, Ramadan tahun ini sedikit berbeda dikarenakan pandemi virus Korona yang sedang melanda. Meskipun begitu, semangat dalam meraih pahala dan rida Allah tetap terjaga. Beberapa majelis pengajian melakukan bandongan melalui media daring, tadarus dan tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing.

Selain kegiatan rutin yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang menjadi istimewa, tahukah kalian bahwa terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah yang terjadi pada bulan Ramadan? Berikut beberapa peristiwa tersebut.

  1. Turunnya Al-Qur’an

Tepat pada tanggal 17 Ramadan tahun 13 sebelum Hijriyah, Nabi Muhammad Saw. menerima wahyu pertama di gua Hira. Pada saat itu, Nabi berusia 40 tahun dan sedang melakukan khalwat. Ritual berkhalwat di gua Hira tersebut diikuti oleh Nabi Muhammad Saw. dari kakeknya yaitu Nabi Ibrahim AS.

Di tengah kegiatannya berkhalwat, Nabi didatangi oleh sosok yang tidak pernah beliau lihat. Sosok itupun berkata “ Bergembiralah wahai Muhammad, aku Jibril. Dan engkau adalah utusan Allah untuk umat ini.” Kemudian malaikat Jibril memberikan perintah kepada Nabi untuk membaca, akan tetapi nabi menjawab tidak bisa. Sehingga perintah tersebut diulang tiga kali dan Nabi tetap menjawab tidak bisa membaca. Setelahnya malaikat Jibril membacakan wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW yaitu QS. Al-Alaq ayat 1-5.

  1. Perang Badar

Peristiwa “al-Badr al-Kubro” atau yang lebih dikenal dengan istilah perang badar merupakan salah satu peristiwa penting bersejarah bagi umat islam. Perang Badar terjadi pada hari Jumat, 17 Ramadan tahun 2 Hijriyah. Perang ini menjadi awal masa kejayaan umat muslim.

Pada perang ini, Rasulullah membawa 313 pasukan muslim untuk menghadapi 950 pasukan kafir. Berdasarkan jumlahnya akan mustahil pasukan muslim akan memenangkan peperangan. Akan tetapi, Allah telah memberikan kekuatan bagi umat muslim dengan malaikat-malaikat yang membantu kaum muslim. Dari peperangan tersebut, terdapat 14 orang muslim gugur menjadi syahid dan 70 kaum kafir tewas dan tertawan.

  1. Fathu Makkah

Fathu Makkah atau pembebasan kota Makkah merupakan peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat islam. Pada tanggal 20 Ramadan tahun 8 Hijriyah Rasulullah berhasil menaklukkan kota Mekah melalui peperangan yang bernama Fathu Makkah.

Peperangan dipicu oleh penghianatan orang Quraisy terhadap beberapa perjanjian  Hudaibiyyah. Orang Quraisy bersekongkol dengan kabilah lain untuk memerangi orang-orang yang berdamai dengan Nabi Muhammad SAW. Dalam peperangan tersebut, Nabi mengerahkan 10.000 pasukan muslim yang dipimpin oleh Khalid bin Walid. Hingga pada akhirnya, pasukan muslim dapat memenangkan peperangan dan Nabi memberikan perintah untuk menghancurkan seluruh berhala yang berada disekitar Ka’bah.

  1. Penyerahan Kota Thaif

Setelah peristiwa Fathu Makkah terjadi, pada Ramadhan tahun ke 9 Hijriyyah tokoh-tokoh Thaif menyerahkan Kota Thaif kepada Rasulullah SAW sebagai tanda bahwa masyarakat Thaif menyerah dan menyatakan masuk Islam.

  1. Penaklukan Andalusia

Pada bulan Ramadan tanggal 28 tahun 92 H, umat Islam di bawah kepemimpinan Tariq bin Ziyad memiliki peristiwa penting dalam sejarah kejayaan islam karena berhasil menaklukkan Andalusia Spanyol. Dengan takluknya Andalusia, Islam kemudian mulai tersebar di tanah Eropa.

 

Sumber :

https://islam.nu.or.id/post/read/90532/pidato-rasulullah-di-awal-bulan-ramadhan

https://islam.nu.or.id/post/read/90968/tiga-peristiwa-penting-di-bulan-ramadhan-dalam-sejarah-nabi

https://bangkitmedia.com/catatan-peristiwa-besar-yang-terjadi-di-bulan-ramadan/

Oleh: Avita Rahma

Foto: Adli Wahid on Unsplash

Leave a Comment