Komplek Q telah melaksanakan pembukaan PKR (Program Khusus Ramadan) pada (5/5). PKR tahun ini mengambil tema “Segarkan Iman, Raih Keberkahan Ramadhan” yang diharapkan mampu menciptakan rasa yang lebih baru agar dapat lebih giat dalam mengaji. Ita Fitriana selaku ketua PKR 2019 mengajak santri-santri untuk lebih rajin mengaji karena PKR tahun depan belum tentu kita masih di Komplek Q atau barangkali sudah diboyong. Menurutnya, PKR ini tidak akan sukses tanpa partisipasi dari para santri. Sebagai wakil dari seluruh panitia, ia juga menyampaikan maafnya apabila kegiatan ini nantinya banyak kekurangan atau hal-hal lain yang tidak diharapkan.

Malpha, selaku ketua pondok juga memberikan sambutan pada kegiatan ini. Menurutnya, ramadhan merupakan bulan yang ditunggu dan dinantikan, sehingga ramadhan ini bisa dijadikan momentum untuk memperbaiki kualitas ibadah. Malpha mengajak santri untuk memaksimalkan kuantitas dan kualitas ibadah, karena belum tentu bisa bertemu ramadan lagi di tahun selanjutnya.

Tidak jauh berbeda dari Gus Kholid. Beliau mengingatkan santri untuk menata niat kembali, jangan sampai ramadan yang harusnya sebagai momentum pengekangan diri malah jadi pengumbaran diri.

Program Khusus Ramadan 1440 H ini dibuka oleh Gus Kholid dan dilanjutkan dengan do’a. PKR  akan berlangsung 20 hari dimulai tanggal 5 Mei 2019. Rangkaian kegiatan PKR yaitu sorogan, pengajian Alquran, muqoddaman, pengajian bandongan, salat tarawih berjamaah, dan kuliah subuh. Semua santri diharapkan dapat berpartisipasi dengan baik dalam PKR tahun ini.

Oleh: Syifa

Leave a Comment