Pondok pesantren Al Munawwir Komplek Q Krapyak berkesempatan mengambil bagian dalam perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Kabupaten (Pospekab) Bantul 2018. Lebih dari 15 cabang olahraga dan seni diperlombakan dalam ajang ini. El Muna Q, total mengikuti 9 cabang perlombaan.

Diantara cabang lomba yang diikuti adalah pidato 3 bahasa, kaligrafi, senam santri, bola voly putri, lari, bulu tangkis, cipta puisi kandungan Al Qur’an, tenis meja, dan lari hadang. Untuk cabang lomba yang terakhir baru dipertandingkan pada edisi tahun ini. Lari hadang adalah nama lain dari permainan tradisional gobak sodor. Hal ini tentunya sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan dan melestariskan permainan tradisional.

POSPEKAB tahun ini dilaksanakan pada tanggal 8-10 Oktober 2018. Pondok pesantren Al Mahalli menjadi tuan rumah kegiatan tahunan antar pondok pesantren tahun ini. Namun beberapa cabang lomba olahraga dilaksanakan di Stadion Sultan Agung Bantul untuk cabang atletik dan lari hadang, SMAN 1 Sewon untuk cabang bola voly dan GOR Palbapang untuk cabang bulu tangkis.

Beberapa cabang perlombaan berhasil meraih gelar juara. Diantaranya pada seni islam, cabang pidato nomor pidato bahasa inggris atas nama Ulya Nuril berhasil menjadi juara pertama dan cabang kaligrafi nomor seni lukis atas nama Mustakhiqul Jannah berhasil menyabet juara dua. Pada cabang olahraga, lari hadang berhasil merebut juara 3 atas nama Aisyatul M dkk dan pada cabang lari 200 m putri atas nama Anisa Masula berhasil meraih juara 3. Sedangkan pada cabang lainnya belum berhasil meraih gelar juara.

Ke depan, Badan Pengurus Harian (BPH) Akan mengadakan pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler bagi santri pelajar untuk menghadapi POPEKAB edisi berikutnya. (Fidhoh)

Leave a Comment