Selasa (22/10) seluruh santri di Pondok Pesantren Al Munawwir mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2019. Upacara yang berlangsung di halaman Masjid Jami’ PP Al Munawwir ini juga dihadiri oleh para pengasuh. Terlihat pula santri-santri kecil dari Madrasah Tahfidz Putri Anak (MTPA) dan Fatimiyah bersemangat mengikuti upacara.

Pada upacara kali ini Kompleks Arafah mendapatkan kesempatan sebagai petugas upacara bersama dengan Kompleks R2 sebagai paduan suara. Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB berlangsung khidmat hingga selesai. Pengasuh Kompleks S, KH. Muhtarom Ahmad sebagai pembina upacara.

“Di tengah revolusi industri 4.0 ini sebagai santri harus kreatif dan adaptif terhadap nilai-nilai baru dengan tetap menjaga nilai-nilai tradisi lama yang baik. Santri jangan sampai kehilangan jati diri sebagai muslim yang berakhlaqul karimah,” pesan K.H. Muhtarom Ahmad kepada para santri.\

Tahun ini adalah tahun keempat peringatan hari santri yang telah ditetapkan oleh presiden tanggal 22 Oktober sebagai hari santri. Pada tahun ini pula, santri mendapatkan penghargaan kembali dengan disahkannya Undang-Undang Pesantren sehingga melalui undang-undang ini santri dapat meningkatkan peran dan kontribusi dalam membangun bangsa dan negara melalui fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

Jati diri santri adalah moralitas dan akhlak pesantren dengan kiai sebagai simbol kepemimpinan spiritual. Karena itu, meskipun santri telah melanglangbuana, menempuh pendidikan ke berbagai negara, santri tidak boleh melupakan jati diri sebagai santri yang hormat dan patuh pada kiai.

“Tidak ada kosakata bekas kiai di dalam pondok pesantren”, tutur beliau.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Hari Santri dan Bagimu Negeri oleh seluruh santri. Sebelum pembubaran, ada penampilan kesenian kolosal yang terdiri dari musik Gambus, Pencak Silat, Teater, dan Kaligrafi. Penampilan-penampilan ini memukau seluruh santri, hingga para pengasuhpun ikut bertepuk tangan.

Selamat Hari Santri 2019, Santri Unggul Indonesia Makmur.

Oleh: Asmak Anisah

Leave a Comment