Hari persahabatan internasional adalah hari untuk merayakan persahabatan. Dirayakan di beberapa bagian selatan Amerika selama bertahun-tahun. Hari persahabatan diimplementasikan dengan pertukaran hadiah seperti bunga, kartu, wrist band adalah tradisi populer di kesempatan ini. Hari persahabatan dunia pertama kali diusulkan pada tgl 20 juli 1958 oleh Dr. Ramon Artemio Bracho dalam makan malam bersama teman-temannya di Puerto Pinasco, sebuah kota di sungai Paraguay sekitar 200 km sebelah utara Asuncion Paraguay, Paraguay.

Hari persahabatan internasional berasal dari Joyce Hall, pendiri Hall Mark Cards pada tahun 1930, yang dimaksudkan untuk promosi penjualan kartunya. Joyce Hall menginginkan hari untuk membuat momen liburan yang dapat dimanfaatkan masyarakat di negaranya. Dengan begitu, mereka merayakannya dengan memberikan kartu ucapan. Halmark Cards adalah perusahaan pembuat kartu ucapan dengan berbagai keperluan terbesar di Amerika yang berdiri sejak tahun 1910. Pada saat itu tidak ada perusahaan di luar Amerika yang kuat untuk menjadi pesaingnya.

Tak disangka, aksi yang dilakukan Hall Mark dengan ide bisnisnya disukai banyak orang. Akhirnya, selain hari persahabatan, kini kartu ucapan telah digunakan masyarakat untuk merayakan hari besar lainnya.

Tanggal 27 April 2011, Majelis umum PBB ( Perserikatan Bangasa Bangsa ) menyatakan 30 juli resmi ditetapkan sebagai Hari Persahabatan Internasional. Namun beberapa negara, termasuk India merayakan hari Persahabatan pada minggu pertama bulan Agustus. Di Oberlin, Ohio, hari persahabatan dirayakan pada tanggal 8 April setahun sekali. Di Argentina, malam hari tanggal 20 juli digunakan untuk ramah tamah dan memberikan ucapan baik terhadap teman teman.

PBB menetapkan hari persahabatan internasional untuk menciptakan budaya damai sehingga dapat mencegah kekerasan dan konflik. PBB meyakini persahabatan yang dijalin oleh setiap orang dapat membentuk budaya damai antar komunitas, budaya, dan negara. Hari persahabatan internasional ini juga mendorong setiap orang untuk lebih hormat dan menghargai perbedaan serta keanekaragaman. Persahabatan dipercaya dapat menjadi solusi dari banyak masalah yang ada dalam kehidupan.

Mari menabur kasih sayang di hari persahabatan internasional, agar terjalin hubungan yang damai dan jauh dari kekerasan.

Sumber:

https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190730164016-284-416816/hari-persahabatan-internasional-berteman-cegah-kekerasan

https://m.liputan6.com/global/read/4026546/begini-sejarah-awal-lahirnya-hari-persahabatan-sedunia

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hari_Persahabatan

Oleh: Silfi Ainun

Foto: by Allen Taylor on Unsplash

Leave a Comment