Sejarah PWI dan Hubungannya dengan Hari Pers Nasional

Posted on 1 views

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) merupakan organisasi wartawan pertama yang ada di Indonesia. PWI berdiri pada tanggal 9 Februari 1946 di Surakarta. Lahirnya PWI membawa visi dan misi untuk menjadikan PWI sebagai organisasi profesional dan bermartabat di era transformasi lanskap media dengan spirit kebangsaan, kebebasan, dan kreativitas digital. PWI mempunyai keanggotaan wartawan yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

PWI menjadi tempat berjuang para wartawan untuk memperjuangkan bangsa lewat tulisan. Walaupun banyak yang menghadang kiprahnya, para wartawan generasi 1945 masih tetap aktif menjalankan profesinya dengan semangat. Tanggal berdirinya PWI juga bertepatan dengan berdirinya Hari Pers Nasional. Sehingga pada tanggal 9 Februari juga disebut sebagai Hari Pers Nasional. 

Ditetapkannya Hari Pers Nasional erat kaitannya dengan PWI. Bahkan menjadi salah satu butir dari hasil Kongres PWI ke-28 di Padang pada tahun 1978. Dalam kongres tersebut, isu tentang Hari Pers Nasional tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memeringati kehadiran dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional. Hari Pers Nasional diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PWI, sesuai dengan Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985. Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia.

Baca juga

Hari Pers Nasional 2021 ini mengangkat tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”. HPN 2021  menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti seminar, konvensi, dan acara puncaknya dipusatkan di Ancol. Acara ini  diikuti secara virtual oleh ribuan wartawan anggota PWI dari seluruh Indonesia serta anggota organisasi konstituen Dewan Pers.  Presiden Joko Widodo  juga hadir dalam acara puncak HPN dari Istana Merdeka secara virtual pada 9 Februari. 

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno berharap bahwa peringatan ini bisa menjadi salah satu pilar demokrasi bersama negara dalam mengawali kebangkitan dan kekuatan untuk keluar dari pandemi COVID-19. Selamat Hari Pers Nasional! 

Oleh: Novia Purnamasari

Pictured by medcom.id

Sumber : 

pwi.or.id

tirto.id