Sejarah Singkat Hari PGRI

Diposting pada 36 views

Sering sekali kita mendengar sebutan guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Kita bisa membaca dan melihat kisah-kisah mereka yang luar biasa bahkan heroik di setiap daerah. Maka selayaknya, sebagai bentuk penghargaan bagi para guru, pemerintah menetapkan tanggal untuk memperingati Hari Guru. Peringatan Hari Guru berkaitan erat dengan berdirinya sebuah perkumpulan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Pada masa penjajahan, Belanda dan Jepang turut menorehkan kenangan terhadap perserikatan guru pada waktu itu. Mulai dari terbentuknya Persatuan Guru Hindia Belanda tahun 1912.   Hingga memiliki berbagai macam jenis lingkaran pendidikan. Seperti persatuan guru desa, guru bantu, dan lainnya. Selain itu, organisasi guru yang berlatar keagamaan turut meramaikan dunia pendidikan di masa itu. Christelijke Onderwijsbond (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOD), dan ikatan-ikatan yang lain.

Selepas kemerdekaan Republik Indonesia digaungkan, banyak para pemuda dari berbagai daerah berkumpul untuk melaksanakan kongres kepemudaan, tak terkecuali perserikatan guru. Dalam kongres ini semua menyepakati bahwa perserikaan guru pada akhirnya menjadi satu kesatuan, tidak ada lagi atas nama keagamaan, politik, desa maupun kota, dan sebagainya. Semua terhapus atas nama Kesatuan Bangsa Indonesia.

Pada akhirnya,  tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari PGRI. Meskipun semarak pada tahun ini tidak seperti yang lalu akibat adanya pandemi, semoga semangat kita untuk meneladani guru-guru kita, tetap tumbuh harum dan bestari.

Oleh: Nabila

Foto: Dokumentasi Pribadi

Sumber :

  1. https://news.detik.com/berita/d-5816745/hari-guru-nasional-2021-ini-sejarah-diperingati-pada-25-novemberhttps://news.detik.com/berita/d-5816745/hari-guru-nasional-2021-ini-sejarah-diperingati-pada-25-november
  2. https://kumparan.com/berita-terkini/sejarah-singkat-dan-tema-hari-guru-nasional-2021-1wvR6l75y7a/2
  3. https://tirto.id/hari-guru-nasional-25-november-2021-sejarah-pedoman-peringatannya-glAP