Selamat Hari Nelayan Nasional : Nelayan Sejahtera Indonesia Makmur

Posted on 5 views

Tahukah kamu, bahwa setiap tanggal 06 April diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional? Peringatan Hari Nelayan Nasional yang jatuh setiap tanggal 06 April telah ditetapkan sejak pemerintahan Orde Baru yaitu pada tahun 1960 silam. Peringatan ini bermula dari sebuah tradisi di Pantai Pelabuhan Ratu. Yang di mana pada saat Hari Nelayan, di Pantai Pelabuhan Ratu diadakan upacara. Upacara ini berupa tarian tradisional dan juga pelepasan sajen ke tengah teluk Pelabuhan Ratu di Banten.

Pelepasan sajen ke laut dilakukan dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan semakin meningkat. Namun, sajen yang digunakan berbeda dengan zaman dulu, sajen yang digunakan masa ini berupa benih ikan, benur (bibit udang), dan tukik (anak penyu). Keadaan geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik menjadi dasar upacara ini diadakan setiap tanggal 6 April. Untuk itu, ditetapkan Hari Nelayan Indonesia ini adalah sebagai pengingat untuk bersyukur sekaligus pendorong untuk memajukan kesejahteraan nelayan.

Peringatan Hari Nelayan Nasional di Indonesia adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap jasa para nelayan. Para nelayan yang rela berselimut angin, menembus hujan badai untuk berusaha memenuhi  kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh elemen masyarakat. Terkadang para Nelayan ini rela singgah dan menginap di pulau-pulau terluar saat berlayar mencari ikan. Hal itu mereka lakukan untuk menjaga garis pantai terluar Indonesia, serta memberikan informasi dan berita apabila terjadi kegiatan illegal fishing di perairan Indonesia.

Dalam kutipan kata bijak dari Vincent Van Gogh bahwa para nelayan tahu laut itu berbahaya dan badai itu mengerikan, tetapi mereka tidak pernah menemukan alasan yang cukup bahaya untuk tetap di darat. Maka dari itu, cukup penting untuk mendidik setiap nelayan Nasional dengan berbagai cara tangkap hasil laut yang dikategorikan ramah lingkungan dan berkelanjutan akan membantu mengurangi kerusakan yang terjadi pada ekosistem perairan Indonesia. Tak hanya nelayan, seluruh elemen masyarakat juga dirasa sangat penting untuk sama-sama menjaga ekosistem perairan Indonesia. 

“Selamat Memperingati Hari Nelayan Nasional 2021, ayo kita dukung bersama stop illegal fishing demi kesejahteraan para nelayan.”

Oleh: Novia Purnamasari

Pictured by kumparan.com

Sumber : greeners.co