Usia bukan menjadi penghalang setiap orang untuk berprestasi. Tetapi tak jarang, kaum muda merasa belum perlu berperan, hanya karena pengalaman yang masih diragukan. Muda bukan berarti aspirasinya tak diakui, karena justru semangat pergerakan kamu muda diharapkan untuk kemajuan bangsa dan dunia ini. Seperti Shamma Al Mazrui, perempuan kelahiran Abu Dhabi tahun 1994 yang diangkat oleh Perdana Menteri Mohammed bin Rashid Al Maktoum menjadi Menteri Urusan Pemuda di Uni Emirat Arab pada tahun 2016 dengan usia 22 tahun.

Shamma merupakan lulusan Ekonomi di Universitas New York Abu Dhabi, dan di tahun 2015, ia telah menyelesaikan S2 nya dengan jurusan kebijakan publik di Oxford University Inggris. Shamma juga pernah magang di kedutaan UEA untuk Amerika Serikat, dan pernah menjadi analis kebijakan public UEA untuk PBB, dan masih banyak prestasi lainnya.

Shamma mengembangkan strateginya untuk meningkatkan kehidupan para pemuda dan keterlibatannya dalam masyarakat. Maka dalam masa jabatannya, ia membuka Dewan Pemuda Nasional. Mengumpulkan pemuda berprestasi dengan berbagai latar belakang dan bermacam keahlian. Selain itu, Shamma juga mendirikan Komunitas Pemuda untuk berpartisipasi dalam rapat, yang membahas isu-isu penting seperti pendidikan hingga iklim.

“Saya biasa-biasa saja dan saya harap kalian semua (pemuda) lebih banyak daripada saya. Tugas saya adalah mendengarkan semua keperluan negara terlebih dahulu. Saya tidak mewakili pemuda hanya dengan suara saya dan pandangan saya, saya tidak ingin menjadi pemimpin seperti itu” ungkapnya sebagai harapan untuk para pemuda.  (Dikutip dari aceh.tribunnews.com)

Berkat segudang prestasinya, pada tahun 2018, Guinness of World Records mencatat Shamma Al Mazrui menjadi perempuan termuda di dunia. Bahkan, saluran berita CNBC telah memasukkan namanya di antara tujuh wanita muda yang mengubah dunia. Dengan ini, Shamma menunjukkan bahwa peran kaum muda sangat dibutuhkan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.

Sumber : aceh.tribunnews.com
Lifestyle.okezone.com

Oleh: Iqna Isti’nafiyyah

Foto: jogja.tribunnews.com

Leave a Comment