Himpunan Alumni Komplek Q Pondok Pesantren Al-Munawwir atau HALQIMUNA melaksanakan halal bi halal dan pelantikan pengurus Halqimuna periode 2020-2024 pada Ahad, 21 Juni 2020. Acara ini dilaksanakan secara virtual, yakni menggunakan aplikasi Zoom. Meskipun secara virtual, acara ini diikuti oleh 120 orang dari berbagai kota di Indonesia. Beberapa ahlen seperti Ibu Nyai Hj. Khusnul Khotimah Warson dan Gus Kholid, serta beberapa asatiz seperti Ust. Habib Syakur dan Ust. Thoifur juga turut serta hadir dalam acara ini.

Acara diawali dengan pembukaan dilanjut tahlil dan doa oleh Ust. Habib Syakur. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dengan ustaz, pembagian doorprize, dan penutup.

Menurut Bu Laily Fauziah — yang akrab disapa Bu Lili — selaku ketua Halqimuna, kegiatan ini berawal dari obrolan-obrolan biasa tentang halal bi halal di grup pengurus dan dilanjut dengan mencoba aplikasi Zoom yang akhirnya membentuk sebuah panitia halal bi halal dan diketuai oleh Bu Nushfa Shofwah. Meskipun ada beberapa kendala teknis, namun secara keseluruhan acara ini dapat berjalan dengan lancar.

Halal bi halal ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan secara virtual akibat pandemi Covid-19 yang menyerang wilayah Indonesia. Meskipun persiapan yang dilakukan kurang lebih hanya seminggu, namun acara ini dapat dirawuhi oleh Ibu Nyai dan beberapa asatiz serta keluarga besar Halqimuna.

Saat acara berlangsung, beberapa partisipan sempat menangis ketika Ibu Nyai berbicara, mengingat saat ini tidak bisa sowan secara langsung akibat pandemi. Beberapa alumni juga sempat datang ke Ibu, namun kembali lagi sebab ndalem tidak menerima tamu.

“Terima kasih, untuk Ibuk (Nyai Hj. Khusnul Khotimah Warson) dan keluarga, dewan asatiz, panitia, donatur zoom, dan donatur doorprize serta partisipasi anggota Halqimuna,” tutur Bu Lili.

Oleh: Axelda Martha dan Anu’ma Syifaus

Leave a Comment