Senin (16/12) siswi MI Tahfidz El Muna Q mengikuti kegiatan cooking class yang termasuk dalam rangkaian agenda pasca-Penilaian Akhir Semester. Sebelumnya mereka telah mengikuti kegiatan membuat shibori, maqbaroh, dan sima’an Al-Qur’an.

Pada kegiatan cooking class ini, siswa belajar bersama membuat es teler. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa melalui perkiraan yang mereka buat dalam menggunakan bahan-bahan untuk membuat es teler. Selain itu, siswa juga mendapatkan pengetahuan terkait bahan-bahan untuk membuat es teler serta siswa belajar untuk mengingat resep dari sajian yang telah mereka buat.

Para guru sudah mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat es teler pada pagi hari. Setiap guru memiliki tugas yang berbeda untuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es teler kali ini cukup sederhana yaitu es batu, alpukat, nangka, susu, santan, dan gula yang sudah dicairkan.

Ibu Widya sedang memberikan contoh menata bahan-bahan membuat es teler kepada para siswi.
Ibu Widya sedang memberikan contoh menata bahan-bahan membuat es teler kepada para siswi.

Setelah semua bahan siap, agar lebih efektif maka siswi-siswi dibagi menjadi dua kelompok. Selanjutnya, Ibu Widya—selaku wali kelas tiga—memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada para siswa. Beliau mengenalkan nama-nama bahan yang akan digunakan dalam pembuatan es teler, kemudian mencontohkan cara menata bahan-bahan di dalam cup beserta takaran dalam pengambilannya. Setelah semua jelas, satu persatu siswa mulai mempraktikannya.

Siswi-siswi terlihat mencatat bahan-bahan yang tadi digunakan untuk membuat es teler, setelah kegiatan selesai. Adanya kegiatan ini, siswi-siswi diharapkan dapat berkreasi membuat es teler atau menu lainnya untuk mengisi waktu liburan yang akan segera tiba.

Oleh: Januika Setiyawanti

Leave a Comment