Pemerintah telah menyatakan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Ahad, 24 Mei 2020. Akan tetapi, ada yang berbeda dengan lebaran kali ini mengingat kondisi dunia yang tengah berada dalam cengkeraman pandemi virus corona. Padahal, biasanya Idul Fitri menjadi moment berharga untuk dapat berkumpul dengan keluarga. Namun, tahun ini hal tersebut tampaknya perlu kita tunda terlebih dahulu, demi memutus rantai penyebaran virus corona.

Meskipun begitu, kita tidak akan kehilangan moment lebaran begitu saja karena telah ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk saling bersilaturhami maupun bertukar sapa. Menteri Kominfo, Jhonny Gerard Plate melalui siaran konferensi videonya, juga mengampanyekan silaturahmi digital ketika merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah/ Lebaran. Sehingga dengan menggunakan teknologi yang ada, silaturahmi tetap dapat terjalin meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

Berikut beberapa aplikasi atau teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk bersilaturahmi secara virtual selama Lebaran di masa pandemi :

  1. Aplikasi kartu ucapan lebaran

Melaluikartuucapan digital, kita bisa mendesain sendiri kartu ucapan Lebaran dengan bantuan beberapa aplikasi. Kita dapat menggunakan kata kunci “Lebaran” untuk mencari aplikasi-aplikasi tersebut dan setidaknya ada empat aplikasi Kartu Ucapan Lebaran di Play Store. Aplikasi-aplikasi tersebut umumnya menghadirkan template ucapan Lebaran, dengan frame berhiaskan gambar masjid, beduk dan ketupat. Kita dapat menyisipkan foto dalam kartu tersebut dan menghiasnya dengan teks serta ikon yang telah tersedia.

  1. Stiker/ GIF

Jika kartu ucapan lebaran dinilai terlalu kaku, kita juga bisa memanfaatkan stiker/ GIF untuk bersilaturahmi. Salah satunya lewat Instagram, di sana kita dapat memanfaatkan berbagai macam GIF yang tersedia. Selain itu bisa juga memalui stiker di WhatsApp. Jika stiker yang tersedia kurang bertema lebaran, kita dapat mengunduh aplikasi stiker khusus bertema lebaran di Play Store.

  1. Panggilan video

Walaupun tidak bisa bertemu secara langsung, namun kini telah ada teknologi yang membuat kita bisa bertatap muka secara virtual. Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi adalah WhatsApp, karena mudah digunakan dan relatif semua orang memiliki aplikasi tersebut. Jika ingin bersilaturahmi dengan keluarga besar, Google Duo bisa menjadi alternatif. Google bulan lalu telah meningkatkan jumlah orang yang dapat terlibat dalam panggilan videonya dari delapan menjadi 12 orang. Hal lain yang menjadi nilai tambah untuk Duo, tidak  perlu mendaftar untuk menggunakannya, karena sebagian besar pengguna ponsel Android memiliki akun Google, dan aplikasi Duo biasanya juga terinstal pada perangkat Android, sehingga tidak perlu repot untuk mengunduh. Selain itu, juga dapat menggunakan aplikasi konferensi video Zoom, tapi batas untuk panggilan grup hanya 40 menit. Selain itu baru-baru ini LINE juga menambah kapasitas peserta panggilan video hingga 200 orang dan mungkin aplikasi ini juga bisa jadi salah satu pilihan bagi kita.

Tentunya setiap orang perlu peduli terhadap pandemi virus ini, maka mari kita kampanyekan silaturahmi virtual, agar lebaran tak kehilangan maknanya meski tetap di rumah aja.

Sumber :

https://tirto.id/tips-melakukan-silaturahmi-secara-online-saat-pandemi-corona-fxg7

https://www.kominfo.go.id/content/detail/26667/dirjen-ikp-masa-pandemi-masyarakat-cepat-adaptasi-teknologi-internet/0/berita_satker

https://nasional.kompas.com/read/2020/05/22/18594161/breaking-news-pemerintah-tetapkan-idul-fitri-jatuh-pada-minggu-24-mei-2020

Oleh: Desi Nur Istanti

Foto: Gabriel Benois on Unsplash

Leave a Comment