Tampil sehat dan menawan disetiap aktivitas yang kita lakukan tentunya merupakan hal yang penting, terlebih saat bulan Ramadhan. Kekurangan asupan nutrisi pada tubuh selama kurang lebih 13 jam, membuat tubuh menjadi lemas. Aktivitas di luar ruangan yang mengharuskan kita terpapar sinar matahari dan debu akan membuat kulit kita menjadi kering dan mengganggu penampilan kita. Untungnya kini kita sedang dalam masa physical distancing dan mengharuskan kita untuk berada di rumah aja. Meskipun demikian, kita harus selalu menjaga kebutuhan nutrisi kita selama bulan Ramadan ini. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk tetap tampil sehat dan menawan!

Menjaga Wudhu

Sebagai muslim sejati berwudhu merupakan hal yang rutin dilakukan. Umumnya wudhu dilakukan lima kali dalam sehari sebelum melakukan sholat. Selain akan mengerjakan sholat atau melakukan tadarus Al-Qur’an, perbanyaklah wudhu saat setelah batal atau setelah hajat lainnya agar bisa menjaga wudhu kita. Karena dengan berwudhu, selain untuk menjaga kesucian dapat menjaga kelembaban wajah sehingga tampak lebih segar setiap saat.

Banyak Minum Air Putih 

Air putih sangat diperlukan bagi tubuh kita karena banyak manfaatnya. Terlebih lagi saat berpuasa, maka saat sahur dan berbuka perbanyaklah minum air putih. Air putih akan memberikan asupan cairan di dalam tubuh sehingga bisa mencegah sel kulit menjadi mati serta bisa menetralisir tubuh kita. Ushakan penuhi kebutuhannya minimal delapan gelas setiap harinya, sehingga selama berpuasa tidak terjadi dehidrasi di siang hari dan aktifitas tetap lancar.

Mengonsumsi Buah dan Sayur 

Asupan buah dan sayur di bulan Ramadhan menjadi hal yang wajib bagi kita untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh dan baik bagi kulit, karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan serat. Selain itu, pemilihan asupan makanan yang bergizi dan seimbang dapat menjaga kesehatan kita selama berpuasa.

Selalu Gunakan Hand and Body Lotion

Merawat kulit agar tetap indah dan cantik juga harus diperhatikan saat berpuasa, gunakanlah produk yang sudah berlabel halal serta bahan yang tidak berbahaya bagi kulit. Menggunakan hand and body lotion selain melembabkan kulit, aroma yang segar dan sejuk dapat berpengaruh bagi aktivitas kita, membuat aktivitas lebih semangat dan ceria sepanjang hari.

Menjaga Kebugaran dengan Olahraga

Tetap lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat. Menjelang berbuka pada sore hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga karena keringat yang keluar akan segera tergantikan oleh asupan nutrisi saat berbuka. Lakukan olahraga ringan, seperti jogging, bersepeda, jalan santai, atau bisa juga melakukan gerakan pemanasan ringan agar tetap bisa melakukannya di dalam rumah.

Tetap Produktif di Bulan Ramadhan

Saat berpuasa, ada orang yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak melakukan aktivitas. Pada bulan Ramadhan ini banyak aktivitas yang dapat dilakukan dan berbuah berpahala, walaupun saat ini sedang terjadi wabah virus Covid-19, tidak menjadi penghalang bagi kita untuk tetap melakukan aktivitas di dalam rumah. Banyak hal yang dapat dilakukan, seperti tadarus Al-Qur’an, mentadabburi Al-Qur’an, mengikuti pengajian online dengan sumber terpercaya, membersihkan rumah agar terlihat bersih, sehat, dan segar dipandang mata, membuat kreasi makanan sendiri bersama keluarga dan disantap saat berbuka, serta aktivitas lain yang dapat dilakukan di dalam rumah. Dengan begitu, bulan Ramadhan akan dilalui dengan menyenangkan.

Demikian tips sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari agar selalu terlihat sehat dan menawan saat bulan Ramadhan. Dengan selalu tampil sehat dan menawan, seorang muslimah akan terlihat sejuk dan beraura positif bagi sekelilingnya. Semoga bulan ramadhan menuntun kita menjadi muslimah yang dinantikan surga.

Referensi

IDN Times

Tebuireng Online

Oleh : Syarifah Rufaida

Ilustrasi: azuaya25 di freepik.com

 

Leave a Comment