Marhaban ya Ramadan..

Bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran—bulan yang suci dan penuh ampunan. Pada bulan Ramadan kali ini, memang berbeda sekali dengan ramadan tahun-tahun yang lalu. Di tahun ini kita semua diuji, khususnya seluruh umat islam. Baik secara ibadah, kesehatan maupun  ekonomi.

Biasanya,  ramadan tahun lalu kami tarawei bersama-sama di masjid. Untuk ramadan saat ini, salat tarawih dilakukan sendiri-sendiri atau di rumah masing-masing. Biasanya, penjual mendapatkan pendapatan meningkat, tapi ramadan tahun ini sepi pembeli, dan masih banyak fenomena tidak biasa yang lain.

Oleh karena itu, di bulan ramadan yang penuh berkah ini, banyak waktu-waktu di mana doa-doa mustajab untuk meminta hajat. Ada 3 waktu terbaik berdoa di bulan ramadan yaitu :

  1. Waktu Sahur

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi Muhammad Saw. bersabda:⁣

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ⁣

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim) ⁣

  1. Saat Berpuasa⁣

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi Saw. bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad) ⁣

  1. Ketika Berbuka Puasa⁣.

Nabi Muhammad SAW bersabda

لاَثَةٌلاَتُرَدُّدَعْوَتُهُمُالصَّائِمُحَتَّىيُفْطِرَوَالإِمَامُالْعَادِلُوَدَعْوَةُالْمَظْلُومِ

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah) .

Tiga waktu tersebut sudah sering kita dengar. Namun, sedikit sekali kita memohon dan berdoa di waktu tersebut. Mumpung ramadan tahun ini banyak dilakukan di rumah, gunakanlah 3 waktu terbaik tersebut untuk berdoa agar pandemi ini segera berakhir dan aktivitas bisa berjalan dengan lancar seperti biasanya.

Semoga Allah SWT perkenankan doa kita di bulan Ramadhan. Dan  bertemu kembali di ramadhan yang akan datang. Aamiin…

Sumber:

bangkitmedia.com

Oleh: Nasti Sulastri

Foto: freepik.com

Leave a Comment