Workshop Literasi Finansial oleh Eni Kartika Sari, M.Sc. dalam rangkaian kegiatan Orientasi dan Studi Pengenalan Pondok (OSPEP) 2019 pada Sabtu (23/11). Beliau menjelaskan bahwa perencanaan keuangan merupakan seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu atau keluarga untuk mencapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat. Manfaat dari perencanaan finansial adalah sebagai berikut; mencapai kemapanan finansial untuk masa depan lebih tertata, dan  melindungi diri serta keuangan keluarga.

Menurut Bu Eni, godaan generasi milenial banyak yang terpapar gangguan mental karena teknologi, media sosial, gadget, online shopping, dan life style. Beliau menegaskan untuk mengurangi waktu penggunaan gadget dan tidak kecanduan.

Untuk gaya hidup, menurut Bu Eni harus disesuaikan dengan kebutuhan diri. Pola hidup sehat dengan minum cukup dan makan buah maupun sayur, serta mengurangi gorengan dan krupuk. Selain itu, diusahakan untuk tidak tidur setelah subuh supaya nanti ke depan tidak terjerumus. Kita juga perlu untuk mengukur keuangan kita dengan mengingat berapa banyak uang tunai yang kita punya, berapa cicilan utang, sudahkah kita menabung, dan sebagainya.

“Pondok dulu, kebutuhan pokok makan, fotokopi, sisihkan shadaqah, dan ingat, kita harus selalu bersyukur dalam setiap menjalankan kewajiban dan jangan pernah mengeluh,” imbuhnya.

Di akhir kesempatan, Bu Eni mengingatkan kembali bahwa sebagai santri agar menonjolkan kesantriannya, memantaskan diri dimanapun, melakukan sesuatu dengan sebaik dan seprofesional mungkin dalam setiap kesempatan yang diberikan, dan menanamkan pada diri sendiri untuk melakukan yang terbaik dalam segala hal.

Oleh: Alifia Dityasari

Editor: Anu’ma Syifaus S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *